Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil dasar simulasi digital
ABSTRAK
SUCIANANEL FITRIANI. 5215127167. “Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Student Team Achievement
Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri
Jakarta, Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapatnya atau tidaknya
perbedaan hasil belajar Simulasi Digital yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran kooperatif
tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas X TEK SMK Negeri 26
Pembangunan Jakarta Semester I pada tahun ajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TEK sebanyak 64 siswa yang masingmasing
kelas terdiri dari 32 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah Sampling jenuh yaitu bila semua anggota populasi digunakan sebagai
sampel. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan adalah tes pilihan ganda.
Instrumen penelitian diuji dengan validitas isi. Uji validitas dilakukan oleh Guru
Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMKN 26 Jakarta menyatakan bahwa 30 butir
soal adalah instrumen yang valid setelah dilakukan 3 kali perbaikan. Reliabilitas
instrumen menggunakan rumus KR-20 dan mendapatkan hasil bahwa instrumen
dinyatakan reliabel dengan
SS00013319 | SK 13319 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain