Text
Teachers' solutions to English teaching and learning problems at Senior High Schools : an analysis of Senior High School Teachers' classroom action research reports
ABSTRAK
Ellis Tamela. 2017. Solusi Guru terhadap Masalah Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas. (Sebuah Analisa dari Laporan Penelitian Tindakan Kelas oleh Guru Sekolah Menengah Atas). Tesis. Jakarta: Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Permasalahan yang ditemui dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia telah diteliti oleh banyak guru, melalui penelitian tindakan kelas, untuk menentukan solusi yang tepat. Sayangnya, penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru sulit ditemukan, Oleh karena itu, salah satu cara membantu guru untuk menyadari akan pentingnya penelitian tindakan kelas adalah melalui penelitian ini, karena penelitian ini menitikberatkan pada bagaimana guru memecahkan masalah dalam pelajaran Bahasa Inggris melalui laporan penelitian tindakan kelas mereka. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti solusi terhadap masalah pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas dalam laporan penelitian tindakan kelas. Metode penelitian ini adalah sebuah analisa isi pada masalah dan solusi dalam laporan penelitian tindakan kelas. Data penelitian adalah solusi terhadap masalah pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas dalam laporan penelitian tindakan kelas. Sumber data yaitu tiga puluh satu laporan dari menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan kosakata dan struktur bahasa. Penelitian ini menemukan bahwa guru menggunakan beragam teknik atau metode untuk menyelesaikan masalah pada empat kemampuan berbahasa dan kosakata dan struktur bahasa (kartu kuartet, jigsaw, serangkaian gambar, dan lain-lain). Terdapat dua solusi untuk masalah menyimak, sebelas solusi untuk masalah berbicara, delapan solusi untuk masalah membaca, enam solusi untuk masalah menulis, dan satu solusi untuk masalah kosakata dan struktur bahasa. Selain itu, terdapat laporan penelitian yang memiliki masalah berbeda-solusi sama (penggunaan kartu kuartet untuk kemampuan berbicara), dan masalah sama-solusi sama (penggunaan jigsaw untuk kemampuan membaca dan penggunaan serangkaian gambar untuk kemampuan menulis).
Keywords : Masalah pengajaran Bahasa Inggris, solusi guru, laporan penelitian tindakan kelas, dan empat kemampuan Bahasa Inggris serta komponen bahasa.
TM00002403 | TM 2403 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain