Text
Pengaruh model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG (2017) EKA SARI HANDAYANI ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kecerdasan interpersonal adalah kuesioner dan instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar sejarah adalah tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Hasil belajar sejarah siswa yang diberikan model pembelajaran Talking Chips lebih tinggi dari hasil belajar sejarah siswa yang diberikan model pembelajaran langsung, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal, (3) hasil belajar sejarah yang diberikan model pembelajaran Talking Chips lebih tinggi dari hasil belajar sejarah yang menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi, (4) hasil belajar sejarah yang diberikan model pembelajaran Talking Chips lebih rendah dari hasil belajar sejarah yang diberikan model pembelajaran langsung pada siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah.
Kata kunci : model pembelajaran, kecerdasan interpersonal, hasil belajar sejarah
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG (2017) THE EFFECT OF INSTRUCTIONAL MODEL AND INTERPERSONAL INTELLIGENCE TO HISTORY LEARNING OUTCOMES IN SMA NEGERI KABUPATEN TANGERANG
EKA SARI HANDAYANI ABSTRACT
This research aims to know the effect of instructional model and interpersonal intelligence to history learning outcomes in SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang. This research is a quantitative research using experimental methods of treatment by level 2x2 design. Research instrument for measuring intepersonal intelligence is a questionnaire and reseach instrument for measuring history learning outcomes is a multiple choice test. The results showed that: (1). History learning outcomes of students who use instructional model Talking Chips get higher score than history learning outcomes of students who use direct instructional model, (2) there is an interaction effect between instructional models and interpersonal intelligence, (3) History learning outcomes of students who use instructional model Talking Chips with high interpersonal intelligence get higher score than students who use direct instructional model with high interpersonal intelligence, (4) History learning outcomes who use instructional model Talking Chips with low interpersonal intelligence get lower score than students who use direct instructional model with low interpersonal intelligence.
Keywords: instructional model, interpersonal intelligence, history learning outcomes
Bibliografi Hal.: 85
TM00002419 | TM 2419 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain