Text
Evaluasi program Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) pada Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Negeri Jakarta : model evaluasi formatif dan sumatif
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang Program Pratik Keterampilan Mengajar (PKM) pada semester 106, pada Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi formatif dan sumatif dikembangkan oleh Michele Shriven. Evaluasi formatif dilaksanakan selama program berjalan untuk memberikan informasi kepada pemimpin program sebagai bahan perbaikan program. Sedangkan evaluasi sumatif dilaksanakan pada akhir pelaksanaan program. Pada penelitian ini menggunakan analisis evaluasi dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Cara mengumpulkan data pada penelitian evaluasi ini adalah menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada evaluasi formatif, dapat diketahui bahwa secara umum proses Program PKM berjalan sesuai dengan pedoman yang ada. Sehingga dapat dipertahankan keberadaan Program PKM. Sedangkan hasil evaluasi sumatif menunjukan bahwa Program PKM, pada kategori tinggi, ini didasari dari nilai peserta PKM minimal B yang diberikan oleh guru pamong dan dosen pembimbing dari ujian akhir.Kata kunci: Evaluasi Program Praktik Keterampilan Mengajar, Model Evaluasi Formatif, dan Model Evaluasi Sumatif
The purpose of this study is to describe the Program Practice Skills Teaching in semester 106, at the Educational Development Institute State University of Jakarta. The evaluation model used in this study is a formative and summative evaluation model developed by Michele Shriven. Formative evaluation is carried out during the program to provide information to the program leader as program improvement materials. While the summative evaluation is done at the end of the program. In this research use evaluation analysis with qualitative and quantitative approach. How to collect data on this evaluation research is using techniques observation, questionnaires, interviews, and documentation. The results showed that in the formative evaluation, it can be seen that in general the process of Program PKM was in accordance with existing guidelines. So it can be maintained the existence of PKM Program. While the results of summative evaluation showed that the PKM Program, in the high category, is based on the value of the minimum PKM participants B provided by the teacher mentor and lecturer mentor of the final exam.
Keywords: Evaluation of Teaching Skills Practice Program, Formative Evaluation Model, and Summative Evaluation Model.
TM00000023 | TM 23 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain