Text
Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kleas XI SMK Negeri 48 di Jakarta
ABSTRAK
EKA YULIASIH. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 48 Di Jakarta. Program Studi Pendidikan Tata Niaga. Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang yang tepat (sahih, benar, dan valid) serta reliabel (dapat dipercaya dan diandalkan) tentang hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI SMK Negeri 48 di Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung sejak bulan Maret sampai Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitin ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 48 Jakarta dengan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI Pemasaran dan XI Administrasi Perkantoran yang berjumlah 139 siswa. Sampel diambil dari populasi terjangkau berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel dari Isaac and Michael dengan taraf kesalahan 5% yaitu sebanyak 100 siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (kecerdasan emosional) diukur menggunakan kuesioner, sedangkan variabel Y (prestasi belajar) diperoleh melalui nilai rapor semester ganjil. Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 52,29 + 0,39X. Uji persyaratan analisis yaitu menggunakan uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Lilliefors diperoleh Lhitung (0,0564) < Ltabel (0,0886), karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Uji keberartian dan kelineran regresi dengan menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA) diperoleh persamaan regresi Fhitung (86,59) > Ftabel (3,94) yang menyatakan persamaan regresi tersebut signifikan serta uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung (0,57) < Ftabel (1,71) yang menunjukkan bahwa model persamaan regresi yang digunakan adalah linier. Uji hipotesis koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rxy (0,685). Uji signifikansi korelasi dengan menggunakan (uji-t) diperoleh thitung = (9,31) dan ttabel = (1,66), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar. Perhitungan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 46,91%, yang menunjukkan bahwa 46,91% variasi prestasi belajar ditentukan oleh kecerdasan emosional. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 48 Di Jakarta.
Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Biblioghrafi : lembar 70-72
SS00013453 | SK 13453 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain