Text
Hubungan antara iklim kelas dengan prestasi belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 16 Jakarta
ABSTRAK
DINDA AMALIA PUTRI. Hubungan Antara Iklim Kelas Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 16 Jakarta, Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat (shahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (reliable) tentang seberapa jauh hubungan antara iklim kelas dengan prestasi belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 16 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan terhitung sejak bulan Maret 2017 sampai Juni 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 16 Jakarta yang berjumlah 100 orang siswa dengan menggunakan teknik acak sederhana. Untuk menjaring data variabel X (iklim kelas), digunakan instrumen berbentuk kuesioner, yang disebar kepada siswa kelas X SMK Negeri 16 Jakarta, setelah itu dilakukan uji validitas isi melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan untuk variabel Y (prestasi belajar) menggunakan data sekunder berupa data dokumen nilai rapot siswa kelas X SMK Negeri 16 Jakarta. Hasil relibialitas variabel X (iklim kelas) sebesar 0.843. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang di dapat adalah Ŷ = 48,81 + 0,43 X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji Lilliefors dan diperoleh Lhitung = 0.052 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0.05 sebesar 0.089. maka Lo Ftabel (3.94), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0.689. kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung(9.40), sedangkan ttabel pada dk = n-2 = 100-2 = 98 dan taraf signifikansi 0.05 adalah 1.67, berarti thitung>ttabel. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy2 = 0.6892 = 0.4743. Ini menunjukkan bahwa 47,43% variasi prestasi belajar ditentukan oleh iklim kelas dan sisanya 52,57% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara iklim kelas dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 16 Jakarta.
Kata Kunci: Iklim Kelas, Prestasi Belajar. Bibliografi : lembar 67-68
SS00013452 | SK 13452 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain