Text
Hubungan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 31 Jakarta
ABSTRAK
SRI AISAH. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 31 Jakarta. Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 31 Jakarta pada Siswa kelas X, selama sembilan bulan terhitung sejak September 2016 sampai dengan Mei 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan dan disiplin belajar dengan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pada Siswa kelas X SMK Negeri 31 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Siswa kelas X SMK Negeri 31 Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah Siswa kelas X sebanyak 141 Siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 100 Siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan antara X1 dengan Y adalah Ŷ = 52,31 + 0,42 X1. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X1 dengan uji Liliefors menghasilkan Lhitung (0,065), sedangkan Ltabel untuk n = 100 pada taraf siginifkan 0,05 adalah (0,0886 ) Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X1 berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan FhitungFtabel yaitu 58,58 > 3,94, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearso menghasilkan rxy = 0,612 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 7,654 dan ttabel =1,685. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,612 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 3441 yang menunjukan bahwa 37,41% variabel hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan ditentukan oleh motivasi belajar. Sedangkan, persamaan regresi yang dihasilkan X2 dengan Y Ŷ = 51,53 + 0,45 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X2 dengan uji Liliefors menghasilkan Lhitung (0,039), sedangkan Ltabel untuk n =100 pada taraf siginifkan 0,05 adalah (0,0886) Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X2 berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan FhitungFtabel yaitu 82,18 > 3,94 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearso menghasilkan rxy = 0,675 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 9,065 dan ttabel =1,685. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,675 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 4561 yang menunjukan bahwa 45,61 % variabel hasil belajar ditentukan oleh disiplin belajar.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar Bibliografi : lembar 96-97
SS00013469 | SK 13469 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain