Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif dan berpikir imajinasi terhadap kemampuan menulis puisi : eksperimen siswa kelas VIII SMP Negeri 74 Jakarta Timur 2016-2017
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN BERPIKIR
IMAJINASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI
(Eksperimen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 74 Jakarta Timur, 2016-2017)
ANA SEHAH
E-mail anasehah24@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif
dan berpikir imajinasi terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP 74
Jakarta Timur. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan
desain treatment by level 2x2. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa.
Teknik pengumpulan sampel dengan teknik stratified multistage cluster random
sampling. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian yang
diperoleh, yaitu sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis puisi siswa yang
belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif think talk write (TTW) memiliki
pengaruh yang lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif think pair share
(TPS). Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif
dan berpikir imajinasi terhadap kemampuan menulis puisi. Ketiga, kemampuan
menulis puisi siswa yang berpikir imajinasi tinggi dan belajar menggunakan model
pembelajaran kooperatif think talk write (TTW) memiliki pengaruh yang lebih tinggi
daripada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair
share (TPS). Keempat, kemampuan menulis puisi siswa yang berpikir imajinasi
rendah dan belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share
(TPS) memiliki pengaruh yang lebih tinggi daripada siswa yang belajar
menggunakan model pembelajaran kooperatif think talk write (TTW).
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, berpikir imajinasi, kemampuan
menulis puisi.
TM00000032 | TM 32 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain