Text
Pengaruh motivasi, sikap dan citra destinasi wisata terhadap intensi mengunjungi ulang studi kasus pada wisata Kebun Raya Bogor
Tujuan saya melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara positif dan signifikan dari variabel motivasi, sikap dan citra destinasi wisata terhadap niat dalam melakukan kunjungan ulang ke destinasi wisata Kebun Raya Bogor. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung sejak Januari 2017 sampai dengan Juni 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik kuesioner dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 240 responden yang terdiri dari orangorang yang sedang berada di pintu keluar Kebun Raya Bogor (KRB) dengan menggunakan teknik pengambilan sampel nya adalah convenience sampling. Persamaan regresi yang dihasilkan dari data yang diperoleh adalah untuk variabel motivasi (X1) terhadap niat berkunjung ulang (Y) sebesar Ŷ = 15,57 + 0,6078X, untuk variabel sikap (X2) terhadap niat berkunjung ulang (Y) sebesar Ŷ = 24,69+0,6818X dan untuk variabel citra destinasi (X3) terhadap niat berkunjung ulang (Y) sebesar Ŷ= 24,05+0,6111X. Penelitian ini menggunakan uji persyaratan analisis yaitu menggunakan uji normalitas (Uji Kolmogorov Smirnov) dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil pengujian dapat diketahui dengan melihat nilai Asymp & Sig. Nilai Asymp&Sig niat mengunjungi ulang Kebun Raya Bogor (Y) sebesar 0,750 nilai Asymp&Sig motivasi (X1) sebesar 0,258 nilai Asymp.&Sig sikap (X2) sebesar 0,180 dan nilai Asymp&Sig citra destinasi (X3) sebesar 0,101. Berdasarkan teori jika nilai Asymp&Sig lebih besar dari 0,05 maka data tersebut disimpulkan berdistribusi normal. Uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa tidak terjadi masalah multikoliniearitas dan heteroskedastisitas, sehingga dapat dikatakan bahwa persamaan regresi yang baik dan ideal dapat terpenuhi. Selanjutnya dilakukan uji t dan dihasilkan untuk variabel motivasi (X1) nilai thitung 10.67 > ttabel 1,96. Untuk variabel sikap (X2) nilai thitung 10.20 > ttabel 1,96 dan untuk variabel citra destinasi (X3) nilai thitung 10.41 > ttabel 1,96. Dengan demikian, dapat disimpulkan dari hasil perhitungan uji t tersebut maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 ke Y, X2 ke Y dan X3 ke Y. Koefisien determinasi yang diperoleh untuk variabel motivasi (X1) sebesar 32.3% untuk variabel sikap (X2) sebesar 30.4% dan untuk variabel citra destinasi (X3) sebesar 31.3%. Hal tersebut menunjukan bahwa variabel niat mengunjungi ulang Kebun Raya Bogor (Y) ditentukan oleh motivasi (X1), sikap (X2) dan citra destinasi (X3) sesuai dengan nilai koefisien determinasi pada masing-masing variabel. Kata kunci : Niat berkunjung ulang, Motivasi, Sikap, Citra Destinasi, Kebun Raya Bogor
My aim to do this research is to know whether there is influence positively and significant from variable of motivation, attitude and destination image towards revisit intention in Bogor Botanical Garden. This research was conducted for 6 months starting from January 2017 until June 2017. The research method used is survey method with questionnaire technique with quantitative approach. The data used in this study as many as 240 respondents consisting of people who were at the exit of Bogor Botanical Gardens (KRB) by using sampling technique is convenience sampling. The regression equation resulting from the data obtained is for the motivation variable (X1) on the re-visit intention (Y) of Ŷ = 15.57 + 0.6078X, for the attitude variable (X2) on the re-visit intention (Y) of Ŷ = 24 , 69 + 0.6818X and for destination image variable (X3) to re-visit intention (Y) equal to Ŷ = 24,05 + 0,6111X. This study uses the test requirements analysis that is using the test of normality (Kolmogorov Smirnov Test) using SPSS 16.0. Test results can be seen by looking at the value of Asymp & Sig. The value of Asymp & Sig intention to re-visit the Bogor Botanical Gardens (Y) is 0.750 Asymp & Sig motivation (X1) value of 0.258 Asymp value & Sig attitude (X2) of 0.180 and Asymp & Sig value of destination image (X3) of 0.101. Based on the theory if the value of Asymp & Sig is greater than 0.05 then the data is inferred normal distribution. The classical assumption test using multicollinearity test and heteroscedasticity test showed that there was no problem of multicollinearity and heteroscedasticity, so it can be said that a good and ideal regression equation can be fulfilled. Then t test and generated for the variable of motivation (X1) tcount value 10.67> ttable 1,96. For attitude variable (X2) tcount 10.20> ttable 1,96 and for destination image variable (X3) tcount 10.41> ttable 1,96. Thus, it can be concluded from the results of t test calculation then there is a positive and significant relationship between X1 to Y, X2 to Y and X3 to Y. Coefficient of determination obtained for variable motivation (X1) of 32.3% for attitude variable (X2) Of 30.4% and for destination image variable (X3) of 31.3%. It shows that the variable intention to re-visit Bogor Botanical Gardens (Y) is determined by motivation (X1), attitude (X2) and destination image (X3) according to the coefficient of determination value on each variable. Keywords : Revisit, Intention, Motivastion, Attitude, Destination Image, Bogor Botanical Garden
SS00013412 | SK13412 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain