Text
Meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok dengan pendekatan bermain : penelitian tindakan pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 15 Tanjung Agung
Pembelajaran teknik lompat jauh gaya jongkok siswa yang dimulai dari awalan, tolakan, melayang diudara dan mendarat masih kurang baik. Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui peningkat keterampilan lompat jauh gaya jongkok dengan metode pendekatan bermain pada siswa Sekolah Dasar Negeri 15 Tanjung Agung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan). Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 15 Tanjung Agung yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan didalam penelitian ini adalah tes lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk persentase. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada siswa Sekolah Dasar Negeri 15 Tanjung Agung. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 66,67 % dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 orang dengan rata-rata sebesar 70,64. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 86,67 % dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 26 orang. Kata Kunci: Penelitian tindakan, pendekatan bermain, keterampilan lompat jauh gaya jongkok
The learning of long jump technique with squat style of students starting from prefix, repulsion, floating in the air and landing is still not good enough. The purpose of this research is to find out the improvement of long jump skill with squat style with the approach method of elementary students’ play in 15 Tanjung Agung. This research is an action research. The subjects of this study are students of 15 Negeri Agung Tanjung Elementary School who amounted to 30 students. The instrument used in this study is a long jump squat style test. Data analysis technique used in this research are descriptive qualitative and quantitative with percentage form. Using students’ playing as a learning approach can improve long jump squat style skill on 15 Tanjung Agung elementary school students. From the analysis results obtained there is a significant increase from cycle I and cycle II. The result of long jump learning style squatting on cycle I in the category of complete is 66,67% with total number of student which is complete as many as 20 people with an average of 70,64. On the second cycle there is an increase in the percentage of student learning outcomes in the complete category of 86.67% with a total number of students who completed 26 people. Keywords: Action research, play approach, long jump skirt style skill
TM00000069 | TM 69 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain