Text
Pengaruh media pembelajaran berbasis animasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan kelas X di SMKN 48 Jakarta
ABSTRAK
FEBRI NUR FITRIANI. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Animasi terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar – Dasar Perbankan Kelas X di SMKN 48 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Konsentrasi Pendidikan Akuntansi Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis animasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran dasar – dasar perbankan di SMKN 48 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Pada penelitian ini, kelompok eksperimen berjumlah 37 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 36 siswa. Pada kelompok eksperimen diberikan tindakan menggunakan media pembelajaran berbasis animasi dan pada kelompok kontrol diberikan tindakan menggunakan media pembelajaran powerpoint. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar berupa kuesioner. Hasil teknik analisis data sebagai berikut : semua data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis yaitu uji t-test diperoleh nilai Thitung (4,12) > Ttabel (1,67). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis animasi dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran powerpoint. Maka hal ini dapat membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis animasi berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
Kata kunci : Media Pembelajaran Berbasis Animasi, Motivasi Belajar Bibliografi : lembar 92-95
SS00013503 | SK 13503 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain