Text
Model latihan dribbling sepakbola (IM) untuk pemula usia SMA
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk mudel latihan dribbling sepakbola untuk pemula usia SMA. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk dapat memperoleh informasi tentang pengembangan dan penerapan model latihan dribbling sepakbola untuk pemula usia SMA serta untuk mengetahui efektivitas model yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola yang terdiri dari 72 anak. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah : analisis kebutuhan, evaluasi ahli (evaluasi produk awal), ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba kelompok besar ( field testing). Uji efektivitas model menggunakan tes keterampilan dribbling sepakbola yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan dribbling anak sebelum dan sesudah pemberian perlakuan model latihan dribbling yang dikembangkan. Tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat kemampuan dribbling siswa adalah 12.2717 detik. Setelah diberikan perlakuan model latihan dribbling didapatkan tingkat kemampuan dribbling siswa 11.0269 detik. Pada uji signifikan perbedaan dengan spss 16 didapatkan mean= 1.24472 menunjukan selisih dari hasil pre-test dan hasil post-test, hasil t-hitung= 10.980 df=35 dan p-value= 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model latihan dribbling sepakbola. Dengan demikian model latihan dribbling sepakbola untuk pemula usia SMA efektif untuk meningkatkan kemampuan dribbling sepakbola untuk pemula usia SMA. Kata Kunci : Model, Latihan, Sepakbola, Dribbling
The aim of this research and development is to produce products model football dribbling drills for beginner senior high school age. Research and development is carried out in order to obtain information about the development and application of models for beginners football dribbling drills senior high school age as well as to determine the effectiveness of the resulting model. This study uses Research & Development (R & D) from Borg and Gall. The subjects in this study were senior high school students who follow football extracurricular consisting of 72 children. The stages of this research are: analysis of needs, the expert evaluation (initial product evaluation), testing of small groups, and testing large groups (field testing). The test of effectiveness of the model using football dribbling skills test to determine the level of dribbling skills of children before and after treatment models developed dribbling drills. Pretest were conducted obtained the dribbling skills of students is 12.2717 seconds. After being given treatment models obtained dribbling drills, dribbling ability levels of students 11.0269 seconds. In the significant difference test with SPSS 16 obtained mean = 1.24472 shows the difference from the pre-test and post-test results, results of t-test = 10,980 df = 35 and p-value = 0.00
TM00000087 | TM 87 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain