Text
Hubungan komunikasi interpersonal terhadap dosen pembimbing dengan ketakutan akan kegagalan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi
Hubungan Komunikasi Interpersonal terhadap Dosen Pembimbing dengan Ketakutan Akan Kegagalan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi
Fakhrani Isti Irsalina
Skripsi
Jakarta: Program Studi Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi,
Universitas Negeri Jakarta
2017
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal dengan dosen pembimbing terhadap ketakutan akan kegagalan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis korelasi.
Ketakutan akan kegagalan diukur dengan instrumen The Performance Failure Appraisal Inventory (PFAI) dari David E. Conroy (2001) dengan reliabilitas sebesar 0,98, sedangkan skala komunikasi interpersonal diadaptasi dari tesis milik Evi Zuhara (2014) dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan reliabilitas sebesar 0,86. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang sedang menyelesaikan skripsi sebanyak 136 orang.
Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal terhadap ketakutan akan kegagalan pada mahasiswa. Nilai koefisien korelasi yang dihasilkan sebesar -0,240 dengan signifikansi 0,005 pada tingkat taraf signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif antara komunikasi interpersonal dengan dosen pembimbing terhadap ketakutan akan kegagalan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi.
Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Ketakutan akan Kegagalan,
mahasiswa
Bibliografi : lembar 77-82
SS00013525 | SK 13525 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain