Text
Pengaruh permainan konstruktif dan minat belajar terhadap kemampuan matematika awal : studi eksperimen di TK Kelompok B Kota Padang 2017
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan konstruktif dan minat belajar terhadap kemampuan matematika awal anak Taman Kanak-kanak pada kelompok B di Kota Padang tahun 2017. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain treatmen by level 2 X 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B taman kanak-kanak di kota padang dengan teknik pengumpulan sampel dengan teknik multistage stratified sample random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif berupa deskripsi data hasil penelitian, sedangkan analisis statistik inferensial berupa uji ANAVA dua jalur dan Uji Tukey dengan taraf signifikan α=0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh permainan konstruktif dan minat belajar terhadap kemampuan matematika awal dengan hasil uji ANAVA dua jalur sebesar fhitung= 10,45 > ftabel= 4,04. Selain itu, terdapat interaksi antara permainan konstruktif dan minat belajar terhadap kemampuan matematika awal dengan F(OAB) =13,19> ftabel = 4,04. Berdasarkan hasil uji tukey diperoleh QhitungA1B1= 6,86 > Qtabel = 4,60. Hal ini menunjukkan bahwa pada kelompok anak yang menunjukkan minat belajar tinggi, kemampuan matematika awal anak yang diberikan permainan konstruktif balok lebih tinggi dibandingkan kelompok anak yang diberikan permainan konstruktif puzzle geometri. Hasil uji tukey yang diperoleh nilai QhitungA1B2-A2B2 =0,40 > Qtabel = 4,60. Hal ini menunjukkan bahwa kelompok anak yang menunjukkan minat belajar rendah, kemampuan matematika awal anak yang diberikan permainan konstruktif puzzle geometri. Dengan demikian masing-masing H1 pada setiap hipotesis diterima.Kata kunci: Permainan konstruktif, Balok, Puzzle Geometri, Minat Belajar, Kemampuan Matematika Awal
The purpose of this research is to know the influence of constructive game and interest in learning to early childhood math skills of kindergarten children in group B in Padang city in 2017. This research method used experimental research with design treatment by level 2 X 2. The population of this research is all children Group B kindergarten in padang city by sampling technique with multistage stratified sample random sampling technique. Data analysis techniques use descriptive statistics and inferential statistics. Descriptive statistical analysis is descriptive of research data, while inferential statistic analysis is a two-track ANAVA test and Tukey test with significant level α = 0,05. The results of this study indicate the influence of constructive game and interest in learning on early math skills with two-lane ANOVA test results of fhitung = 10.45> ftabel = 4.04. In addition, there is an interplay between constructive play and learning interest in early math skills with F(OAB) = 13.19> ftabel = 4.04. Based on the test results obtained tukey QhitungA1B1 = 6.86> Qtabel = 4.60. This suggests that in groups of children who showed a high learning interest, the early mathematical abilities of children given constructive game beams were higher than those of children who were given constructive puzzle games of geometry. Result of tukey test obtained value QhitungA1B2-A2B2 = 0,40> Qtabel = 4,60. This suggests that groups of children who exhibit low learning interest, early childhood math skills are given a constructive puzzle game of geometry. Thus each H1 on each hypothesis is accepted. Keywords: Constructive Games, Beams, Puzzle Geometry, Interest in Learning, Early Mathematical Abilities
TM00000150 | TM 150 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain