Text
Pengaruh lingkungan belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada siswa di SMA Negeri 4 Bekasi
ABSTRAK
UDALILATY ARIFATI HANIFAH. 8105132145. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar pada Siswa di SMA Negeri 4 Bekasi.USkripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri 4 Bekasi. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung bulan Februari sampai dengan bulan Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Negeri 4 Bekasi dan populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 119 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Data variabel Y (Hasil Belajar) merupakan data sekunder yang didapat dengan cara merata-ratakan hasil nilai ulangan harian mata pelajaran matematika di semester 2, sedangkan data lingkungan keluarga dan motivasi berprestasi didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden dengan menggunakan model skala likert . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji jipotesis yang terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui terdapat pengaruh secara parsial antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai tRhitungR sebesar 3,732 > nilai tRtabelR sebesar 1,98. Motivasi Berprestasi berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari hasil tRhitungR sebesar 5,327 > tRtabelR1,98. Lingkungan keluarga dan motivasi berprestasi secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai uji FRhitungR sebesar 24,220 > nilai FRtabelR sebesar 3,103. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 44,562 + 0,150X1 + 0,206X2. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 36% dan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: Hasil Belajar,Lingkungan Keluarga, Motivasi Berprestasi Bibliografi : lembar 78-80
SS00013349 | SK 13349 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain