Text
Pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran korespondensi siswa kelas X SMK Nurul Iman Jakarta
ABSTRAK
Dicky Mardiansyah. 8105132172. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Korespondensi Siswa Kelas X di SMK Nurul Iman Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Korespondensi Siswa Kelas X di SMK Nurul Iman Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan terhitung mulai februari 2017 sampai juni 2017. Penelitian ini mengunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Nurul Iman Jakarta, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X administrasi perkantoran 1 dan 2 SMK Nurul Iman yang berjumlah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak proporsional, sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 58 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey, pencatatan dokumen dan kuesioner. Untuk mengambil data Hasil Belajar (Y) yaitu data sekunder yang diambil dari rata-rata nilai ulangan harian dan ulangan tengah semester mata pelajaran Korespondensi, sedangkan untuk data Perhatian Orang Tua (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) yaitu data primer yang diambil dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara perhatian orang tua dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 5.181 > nilai ttabel 1.673. Kemudian diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara fasilitas belajar dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 2,470 > nilai ttabel 1.673. Perhatian orang tua dan fasilitas belajar secara bersamaan berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari hasil data yang menunjukan nilai Fhitung sebesar 20.113 > nilai Ftabel sebesar 3.61. Dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah ̂ Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0.423 yang artinya perhatian orang tua (X1) dan fasilitas belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 42,3%.
Kata kunci : Perhatian orang tua, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Bibliografi : lembar 91-93
SS00013350 | SK 13350 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain