Text
Pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada siswa di SMK Nurul Iman Jakarta
ABSTRAK
Indah Novebriyani. 8105132185. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Di SMK Nurul Iman Jakarta. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada siswa di SMK Nurul Iman Jakarta.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2017 sampai dengan Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Nurul Iman Jakarta Timur yang berjumlah 357 siswa. Sedangkan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 dan X Administrasi Perkantoran 3 sebanyak 75 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling, sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 58 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey, dokumentasi dan kuesioner. Untuk mendapatkan data hasil belajar(Y), dilakukan dengan cara menghitung rata-rata nilai hasil ulangan harian dan ulangan tengah semester mata pelajaran Matematika semester genap. Kemudian data motivasi belajar (X1) dan kebiasaan belajar (X2) didapatkan dari hasil sebaran kuesioner pada responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara motivasi belajar dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 4,886 > nilai ttabel 1.673. Kemudian diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara kebiasaan belajar dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 4,007 >nilai ttabel 1.673. Motivasi belajar dan kebiasaan belajar secara bersamaan berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari hasil data yang menunjukan nilai Fhitung sebesar 113,844 > nilai Ftabel sebesar 3.16. Dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah Ŷ = 6,927 + 0,470X1 + 0.403X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0.805 yang artinya motivasi belajar (X1) dan kebiasaan belajar (X2) berpengaruh sebesar 80,5% terhadap hasil belajar (Y)
Bibliografi : lembar 87-89
SS00013352 | SK 13352 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain