Text
Dukungan sosial dan resilensi diri pada guru sekolah dasar
DUKUNGAN SOSIAL DAN RESILIENSI DIRI
PADA GURU SEKOLAH DASAR
Oliver Tahoma
FAKULTAS PENDIDIKAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
ABSTRAK
(2017)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan resiliensi diri pada guru Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 100 (N=100) dan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan instrument Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan Resiliencce Quotient Test (RQ-Test). pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan Pearson product moment dengan menggunakan SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian didapat hasil r=0,706; p = 0,000 < 0,05. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan resiliensi diri pada guru Sekolah Dasar, dengan arah hubungan positif.
Kata kunci: dukungan sosial, resiliensi diri, guru sekolah dasar
Bibliografi : lembar 59-62
SS00013626 | SK 13626 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain