Text
Pengaruh metode pembelajaran kooperatif dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas IV SD Providentia Jakarta Barat
The aim of this research is to understand the effect of cooperative learning methods and social skills learning outcomes of citizenship subject. The research was conducted in Providentia primary school second semester of academic year 2016/2017, using experimental methods to design treatment by level 2 x 2 involving 44 samples. The technique of data analysis in this research is using ANAVA Two Paths to see the main effect and interactions, then using Tuckey’s test to see modest effect. The research findings are: 1) The results of students learning outcomes of citizenship subject is taught through learning cooperative method higher then taught by clasical method,2)The results of students learning outcomes of citizenship subject is taught through learning method STAD higher then taught by Jigsaw method, 3) At the students who have higher social skill given by the methods STAD, understanding subject outcomes of citizenships, higher then students who are given by the methods Jigsaw, and 4) At the students who have lower social skills given by the methods STAD, understanding subject outcomes of citizenships, lower then students who are given by the methods Jigsaw. Keywords: Cooperative Learning Methods, Social Skills, Outcomes Learning Of Citizenship Subjects.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Swasta Providentia Kedoya semester kedua tahun akademik 2016/2017, dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain treatmen by level 2 x 2 yang melibatkan 44 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan ANAVA dua jalur untuk melihat efek utama dan intereaksi, selanjutnya menggunakan uji-Tuckey untuk melihat efek sederhana. Hasil penemuannya menunjukan bahwa: 1) hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa dengan metode kooperatif lebih tinggi dibanding metode konvensional, 2) Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran STAD lebih tinggi dari hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran Jigsaw, 3) Pada siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dan dibelajarkan dengan metode pembelajaran STAD, hasil belajarnya lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran Jigsaw, dan 4) Pada siswa yang memilikiketerampilan sosial rendah dan dibelajarkan dengan metode pembelajaran STAD, hasilbelajarnya lebih rendah dari siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran Jigsaw. Kata kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif, Keterampilan Sosial, Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan
TM00000182 | TM 182 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain