Text
Pengaruh metode project based learning dan metode inkuiri terhadap kemampuan menulis teks laporan pada siswa dengan motivasi berprestasi : studi eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri Satria Jaya 01 Kec. Tambun Utara Kab. Bekasi
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa perbedaan antara metode project based learning dengan metode inkuiri terhadap kemampuan menulis teks laporan dengan memperhatikan motivasi berprestasi siswa kelas IV SDN Satria Jaya 01 Kabupaten Bekasi Data diperoleh dari hasil angket dan pemberian perlakuan sebelum dan setelah proses pembelajaran, kelas eksperimen menggunakan metode project based learning sedangkan kelas kontrol menggunakan metode inkuiri. Hipotesis pertama ini teruji kebenarannya bahwa kemampuan menulis teks laporan siswa yang mengikuti Metode Pembelajaran Project Based Learning (A1) secara signifikan lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang mengikuti Metode Pembelajaran Inkuiri (A2) F-hitung= 67,176> F-tabel = 4,05 dengan nilai sig. = 0.000 < α= 0.05. Hipotesis kedua terbukti kebenarannya terlihat adanya Pengaruh Interaksi antara Metode Pembelajaran dan Motivasi berprestasi Terhadap Kemampuan menulis teks laporan, F-hitung = 5.089 > F-tabel = 4.05 dengan nilai sig. = 0.029 < α=0.05. Hipotesisi ketiga, kemampuan menulis teks laporan hasil pengamatan siswa dengan Motivasi berprestasi tinggi yang mengikuti Metode Pembelajaran Project Based Learning (A1B1) signifikan lebih tinggi dari pada yang mengikuti Metode Pembelajaran Inkuiri (A2B1). Hipotesis keempat, kemampuan menulis teks laporan siswa dengan Motivasi berprestasi rendah yang mengikuti Metode Pembelajaran Project Based Learning (A1B2) lebih rendah daripada yang mengikuti Metode Pembelajaran Inkuiri (A2B2).
The purpose of this research is to analyze the differences of project based learning method and inquiry learning method of writing ability the report text with regard to the achievement motivation in the IVth grade students SDN Satria Jaya 01 Districts Bekasi Data obtained from the questionnaire and the pre and post treatment of the learning process, the experimental class using project based learning method while the control class using inquiry method. This first hypothesis tested the truth that the writing ability report text of students who followed Project Based Learning Method (A1) was significantly higher than the results of student learning who followed Inquiry Learning Method (A2) F-hit = 67,176> F-table = 4, 05 with sig value. = 0.000 F-table = 4.05 with sig value. = 0.029
TM00000202 | TM 202 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain