Text
Evaluasi program pendidikan inklusi pada pendidikan dasar Sekolah Islam Fitrah Al Fikri DEpok : penerapan model evaluasi stake
Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi program Program Pendidikan Inklusi Tahun Akademik 2016/2017. Evaluasi ini menerapkan model Robert E. Stake, meliputi: antecedents, transaction, dan outcomes. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Islam Fitrah AL Fikri Depok. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen yaitu: angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Antecedents: Secara umum kategori tinggi. Dari semua aspek yang dinilai ada pada kategori tinggi dan hanya satu aspek ada pada kategori sedang. Fasilitas utama dan pendukung kategori sangat memadai, dan evaluasi terhadap kondisi fisik sarana dan prasarana kategori sangat baik; (2) Transaction: Secara umum kategori tinggi. Hasil evaluasi pembelajaran di SIF Al Fikri skor rata-rata 230,69(92%) dari skor maksimal, termasuk kedalam kategori tinggi, yaitu 189 < X; dan (3) Outcomes: hasil belajar siswa ABK di SIF AL-Fikri termasuk ke dalam kategori tinggi.
Kata kunci: Program Pendidikan Inklusi, evaluasi model Stake
ii
EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI PADA PENDIDIKAN DASAR SEKOLAH ISLAM FITRAH AL FIKRI DEPOK (Penerapan Evaluasi Program Model Robert E. Stake)
EVALUATION OF INCLUSION EDUCATION PROGRAM IN SEKOLAH ISLAM FITRAH FIKRI DEPOK (APLLIED OF ROBERT E. STAKE MODEL)
Jajang Permana Jaya E-mail : Jajangpermanajaya@gmail.com
ABSTRACT The purpose of this research was to evaluate the inclusion education program in year 2016/2017. The evaluation used Robert E.. Stake model which consist of antecedent, transaction, and outcomes. This research was held in Sekolah Islam Fitrah Al Fikri Depok. The data were collected by using questioner, interview, observation, and documentations instrument. The results of this research showed that: (1) Antecedents: generally in high category. From all aspects which evaluated were in high category and just one aspect in medium category. The main and supporting facilities were very adequate, and physically in very good category; (2) Transaction: generally in high category. Based on the result of the assessment process obtained mean score 66,77 (80,29%) in high category , that was 53,33 < X; and (3) Outcomes: the special need students achievement in SIF Al-Fikri were in high category.
Keywords: Inclusion education program, Stake Evalation Model
TM00000220 | TM 220 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain