Text
Model pembelajaran berbasis multikultural untuk meningkatkan karakter menghargai perbedaan : penelitian dan pengembangan di TK B DKI Jakarta tahun 2017
Tujuan dilakukan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis multikultural yang dapat diterapkan di sekolah agar sejak usia dini anak mengetahui bahwa manusia memiliki persamaan dan perbedaan, dapat menerima perbedaan (toleransi), tidak memiliki prasangka negatif, dan menunjukan rasa apresiasi atau cinta akan keragaman. Penelitian ini bukan hanya melakukan pengukuran terhadap kemampuan anak dalam menghargai perbedaan, tetapi juga mendesain model pembelajaran yang diterapkan pada anak TK B untuk meningkatkan kemampuan menghargai perbedaan. Model pembelajaran berbasis multikultural diimplementasikan ke anak-anak untuk meningkatkan karakter menghargai anak. 92% anak yang awalnya memiliki penilaian bias atau prasangka terhadap anak berkulit hitam, pada akhir penelitian ini dapat bermain dengan antusias dan berinteraksi dengan baik dengan anak-anak yang berbeda dengannya. Pada akhirnya, penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis multikultural dapat meningkatkan karakter menghargai perbedaan. Kata kunci: pendidikan multikultural, pendidikan anak usia dini, menghargai perbedaan, penelitian dan pengembangan.
The purpose of this research is to develop a multicultural-based learning model that can be applied in schools so that from an early age the child knows that humans have similarities and differences, can accept the differences (tolerance), have no negative prejudices, and show respectful behavior and love diversity. This study not only takes measurements of kindergarten level 2 children's early ability to respect diversity, but also designs multicultural-based learning model through research and development stages. Multicultural-based leraning model applied to children to improve their ability to respect diversity. 92% children who initially have a biased judgement with black skin children, at the end of this research can enthusiastically play and interact properly with friends who are different from themselves. Finally, these results imply that multicultural-based learning model significantly increase the character of respect for diversity. Keywords: multicultural education, early childhood education, respect diversity, research and development.
TM00002461 | TM 2461 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain