Text
Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melukis dengan kuas : penelitian tindakan pada anak usia 5-6 tahun di TKIT Babunnajah Pandeglang Banten tahun ajaran 2014-2015
the purpose of this research was to describe the process and learning outcomes through the implementation of the activities of the paint can improve fine motor children ages 5-6 years Babunnajah TKIT Pandeglang, Banten, the 2014-2015 school year. The subject of this research totalled 13. Research methods used in reference to the action research model Kemmis and McTaggart which consists of four stages: planning, action, observation and reflection. This research consists of two cycles where each cycle consists of eight sessions, data analysis techniques used in this research is qualitative and quantitative data analysis. Qualitative data analysis by means of analyzing the results of observation records, interview notes and documentation notes during research with data reduction steps, data display and data verification. Quantitative data analysis with statistics deskriptip i.e. Comparing the results obtained from the pre action, first cycle and second cycle. The results of this study showed an increase in fine motor ability of children through the activities of painting, can be proven with an average level of product development (TCP) children's fine motor on pre action of 21,5 has increased on the first cycle to 28,6 and the second cycle being 42,8. Keywords: fine motor, painting activities
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran melalui pelaksanaan kegiatan melukis yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun TKIT Babunnajah Pandeglang, Banten, Tahun Ajaran 2014-2015. Subjek penelitian ini berjumlah 13 anak. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada model penelitian tindakan Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap yakni: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari delapan kali pertemuan, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisa data kualitatif dengan cara menganalisis dari hasil catatan observasi, catatan wawancara dan catatan dokumentasi selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptip yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari pra tindakan, siklus pertama dan siklus kedua. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melukis, dapat dibuktikan dengan rata-rata tingkat capaian perkembangan (TCP) motorik halus anak pada pra tindakan sebesar 21,5 mengalami peningkatan pada siklus pertama menjadi 28,6 dan siklus kedua menjadi 42,8. Kata Kunci: motorik halus, kegiatan melukis
TM00002449 | TM 2449 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain