Text
Pengaruh pendekatan pembelajaran kooperatif, kompetitif dan kebugaran jasmani terhadap keterampilan Drible bolabasket : studi experiment di SMP Negeri 1 Cimanggung Kabupaten Sumedang
Bibliografi : lembar 116-118
Kondisi pembelajaran permainan bolabasket dalam pendidikan jasmani di Sekolah Menengah Pertama (SMP), dirasakan masih belum secara optimal dilakukan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, terutama dalam rangka pengembangan hasil belajar keterampilan bolabasket. Penelitian ini hendak mengkaji mengenai keefektifan pendekatan pembelajaran dikaitkan dengan tingkat kebugaran jasmani terhadap hasil belajar keterampilan bolabasket. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif solusi dalam rangka pengembangan kualitas pembelajaran bolabasket. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Anava 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cimanggung sebanyak 78 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Verducci, menjadi sebanyak 78 orang sesuai dengan yang dibutuhkan dalam penelitian. Kemudian diambil 27% kelompok atas dan 27% kelompok bawah. Peneliti membagi menjadi dua kelompok,yaitu yang diajar melalui pendekatan Kooperatif sebanyak 20 siswa dan Kompetitif 20 siswa, setelah itu dikaitkan dengan tingkat kebugaran jasmani tinggi dan rendah menjadi 4 kelompok. Instrumen yang dipilih penulis adalah tes kebugaran jasmani dari AAHPERD untuk tingkat menengah pertama (untuk menentukan tingkat kebugaran jasmani) dan untuk keterampilan dribel bolabasket dengan tingkat r validitasnya 0,89 yaitu tes dribble dari Horrison. Hipotesis penulis dalam penelitian ini adalah (1) Hasil belajar keterampilan bolabasket siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran Kooperatif lebih baik dari pendekatan pembelajaran Kompetitif secara keseluruhan. (2) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar keterampilan bolabasket. (3) Hasil belajar keterampilan bolabasket kelompok siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran Kompetitif lebih baik daripada kelompok siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran Kooperatif pada kelompok siswa yang memiliki kebugaran tinggi. (4) Hasil belajar keterampilan bolabasket kelompok siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran Kooperatif lebih baik daripada kelompok siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran Kompetitif pada kelompok siswa yang memiliki kebugaran rendah.
Learning conditions basketball game in physical education at the Junior High School, they have yet optimally made in the implementation of teaching and learning, especially in order to develop learning outcomes basketball skills. This research seeks to examine the effectiveness of teaching and learning approaches associated with physical fitness level of the learning outcomes basketball skills. The results of this research can be used as an alternative solution in order to develop the quality of learning basketball. The method used in this study is an experimental method with 2 x 2 treatment by level (ANOVA). The population in this study were students in class VIII SMP Negeri 1 Cimanggung as many 78 people as required in the study. Then take 27% above and 27% groups lower group. Researchers divided into two groups, that is taught through cooperative approach 20 students and 20 competitive students, after it was associated with a high level of physical fitness and low into 4 groups. Author chosen instrument is a test of physical fitness of AAHPERD for the first intermediate level and for basketball skills there are tests with a level of 0.89 is a test of validity r by Horrison the basket and dribble test. The hypothesis of this study were (1) Results of learning basketball skills of students who are taught through learning approach cooperative better than the overall Competitive approach to learning. (2) There is interaction between learning approach and physical fitness to the learning outcomes basketball skills. (3) Results of group learning basketball skills of the students taught through learning approach cooperative better than the group of students who are taught through competitive learning approach in the group of students who have high fitness. (4) Results of group learning basketball skills of students who are taught through Competitive learning approach is better than the group of students who are taught through cooperative approach to learning in a group of students who have low fitness.
TM00000231 | TM 231 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain