Text
Pengaruh penggunaan model Think Talk Write (TTW) dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris : eksperimen di SMAN 1 Kelapa Bangka-Barat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kelapa. Variabel terikat berupa kemampuan menulis bahasa Inggris, dan variabel bebas terdiri dari model pembelajaran yang dibedakan menjadi Think Talk Write dan konvensional, serta motivasi belajar dibedakan menjadi motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menulis bahasa Inggris siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen sedangkan desain yang digunakan adalah treatment by level 2x2. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menulis bahasa inggris siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write akan lebih tinggi apabila disertai motivasi belajarnya tinggi, dan kemampuan menulis bahasa Inggris siswa dengan motivasi belajar rendah akan lebih efektif jika di beri perlakuan dengan menggunakan model konvensional. Kata kunci: Model TTW, Motivasi Belajar, Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Siswa
This research is intended to know the influence of learning model of Think Talk Writing and motivation to write about the ability to write English. The sample in this research is second grade student of SMA Negeri 1 Kelapa. The variables are tied to English writing skills, and the independent variables of the learning model are differentiated into Think Talk Writing and conventional, as well as motivation are distinguished into high motivation and low writing motivation. The instrument used is a test of English ability. The method used is the method that is being used 2x2 level. The data obtained were analyzed by using two-way analysis of variance (ANAVA). The results of this study show the ability to write English students who are given understanding by using the model of learning Think Talk Write higher with high motivation of writing, and the low motivation to write English will be more effective when given by using conventional models. Keywords: Model TTW, Motivation, Student Writing Ability English
TM00002474 | TM 2474 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain