Text
Pengaruh jenis penyekoran perolehan tes pilihan ganda pada strategi pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar kimia dalam topik laju reaksi : penelitian kuantitatif
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan a) pengaruh interaksi strategi pembelajaran kooperatif dan jenis penyekoran b) pengaruh utama antara dua model strategi pembelajaran kooperatif c). pengaruh utama antara dua jenis penyekoran. Populasi target 923 siswa yang belajar kimia dan sebagai sampel adalah 52 siswa kelas XI yang terseleksi yang sesuai pada penelitian ini di SMK N 26 Jakarta. Penelitian ini terbagi dalam 4 kelompok perlakuan yang berbeda selama bulan Oktober-November 2016. Untuk pengumpulan data digunakan instrumen 40 item tes laju reaksi (TLR) 6 tes laju reaksi yang lainnya merupakan tes formative yang digunakan sebagai perlakuan pada tiap kelompok. Keduanya dikembangkan oleh penulis. Analisis variansi dua jalan (ANAVA) digunakan untuk menganalisa data. Post hoc comparison menggunakan analisis variansi satu jalan juga digunakan untuk memenguji adanya perbedaan di antara ke empat kelompok perlakuan. Temuan utama dari penelitian ini adalah: Tidak ada perbedaan antara Jigsaw dan STAD pada hasil belajar kimia siswa. Ada perbedaan hasil belajar kimia siswa pada dua jenis penyekoran CS (corrected score ) dan NRS (number right score). Hasil belajar kimia kelompok siswa yang tes formativenya disekor dengan CS lebih tinggi daripada yang disekor dengan NRS. Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan jenis penyekoran tes pilihan ganda, artinya efektifitas jenis penyekoran tergantung pada teknik strategy pembelajaraan kooperatif, CS lebih effektif jika mengunakan Jigsaw dan NRS lebih efektif jika menggunakan STAD.
This study investigated; a) Interaction effect between cooperative learning strategy and type of scoring b) Main effect of cooperative learning strategy c) Main effect of scoring types d) Simple effects of learning model toward type of scoring. The target population 923 comprised all students whose learning chemistry and 52 students grades XI were selected as a convenient sample of the study in SMK N 26 Jakarta. This study was carried out in four differents classes during october-november 2016. The instrument for obtaining data was Chemical Kinetics Achievement Test (CKAT), another six Chemical Kinetics Achievement test as formative tes were applied to the treatments groups. Both of them developed by writer. Two way of varians (ANAVA) was used to analyze the data. Post hoc comparisons using one way of Analysis of Varians (ANOVA) also used to examine there were differentiated among the four of treatment group. The findings suggest that there was no differnence between using cooperative learning strategy, jigsaw and STAD on students’ chemistry achievement.There was difference between two types of scoring, corrected score (CS) and number right score (NRS) in student’ chemistry achievement., CS higher than NRS. There was the interaction effects of treatment using cooperative learning strategy and types of scoring, it was mean the types of scoring efective depend on tehnique of cooperatif learning strategy, CS more effective to NRS if we use Jigsaw while NRS more efective to CS if we use STAD.
TM00002475 | TM 2475 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain