Text
Peningkatan kemampuan penalaran matematik melalui metode problem based learning siswa kelas IV SDN 05 Pagi Cipedak Jakarta Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematik siswa melalui Metode Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 05 Pagi Cipedak. Penelitian ini dilakukan terhadap seluruh siswa kelas IVa Sekolah Dasar Negeri 05 Pagi Cipedak yang berjumlah 28 orang. Agar dapat memudahkan proses pengamatan dan pengumpulan data maka dipilih 6 orang siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil Penelitian menununjukan bahwa kemampuan penalaran matematik dari subjek penelitian di setiap indikator meningkat, dan juga didukung dari nilai rata-rata seluruh siswa yang berjumlah 28 siswa meningkat. Peningkatan dari pretest ke tes siklus I terdapat 15 siswa dari 28 jumlah siswa atau 53,57% siswa, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 24 siswa dari 28 jumlah siswa atau 85,71% siswa, ini berarti terdapat 32,14% siswa mengalami peningkatan. Hasil ini menunjukan bahwa pembelajaran melalui metode Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematik siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Based Learning dapat dijadikan suatu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematik siswa dan dapat menjadikan suatu proses pembelajaran yang aktif.
This research aims to improve mathematical reasoning ability of grade IV SDN 05 Cipedak South Jakarta through Problem Based Learning Method. This research is an action research was conducted in two cycles. Each cycle consisted of planning, implementation of action, observation, and reflection action. In order to facilitate the process of observation and data collection then selected six students as research subjects. This research is an Action Research conducted in two cycles. The results showed that the mathematical reasoning ability of the research subjects in each indicator increased and supported from the average value of 28 students increases. The increase from the pretest to first cycle test contained 15 students from 28 students or 53.57% of students, then increased in second cycle to 24 students from 28 students or 85.71% of students, this means 32.14% of students experience improvement. This result shows that through Problem Based Learning method can improve students' mathematical reasoning ability. The implication of this research result is learning by using Problem Based Learning method can be used as an alternative learning to improve students' mathematical reasoning ability and can make an active learning process.
TM00002529 | TM 2529 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain