Text
Pembelajaran sejarah berbasis kurikulum 2013 di SMA Kotamadya Jakarta Timur
PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMA KOTAMADYA JAKARTA TIMUR
(2017)
Zia Ulhaq Universitas Negeri Jakarta email : Belajarsejarah42@yahoo.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran aktual sistematis mengenai implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah di SMA Kotamadya Jakarta Timur. Lokasi penelitian berada di SMAN 81 Jakarta dan SMA Angkasa 1 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis teoritisasi data penelitian. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan telaah dokumen. Sumber data utama dalam penelitian ini berasal dari informan inti yaitu guru sejarah dan sejarah Indonesia di SMAN 81 Jakarta serta SMA Angkasa 1 jakarta. Prosedur analisis data dilakukan dengan melakukan pengkodean berbuka dan pengkodean berporos kemudian menyajikan data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan objektifitas, transferbilitas dan validitas data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman guru-guru di lapangan mengenai berbagai konsep pembelajaran baik dari segi perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi masih rendah, dari bidang perencanaan, pelaksanaan dan penilaian, hanya bidang pelaksanaan pembelajaran yang dapat diimplementasikan oleh guru di lokasi penelitian, sedangkan perencanaan dan penilaian tidak terimplementasikan secara optimal, ditandai dengan guru tidak membuat perangkat secara lengkap, guru beranggapan dua mata pelajaran sejarah di SMA yaitu sejarah Indonesia dan sejarah adalah mata pelajaran yang sama, serta penggunaan teknik penilaian sikap yang hanya menggunakan teknik observasi. Selain itu ditemukan pula hasil bahwa pembelajaran sejarah di lokasi penelitian telah berbasis TIK serta sesuai dengan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013. Penulisan hasil belajar di lokasi penelitian menggunakan sistem yang terkomputerisasi, meskipun salah satu lokasi penelitian (SMAN 81 Jakarta) menggunakan sistem E-Rapor yang tersinkronisasi dengan Dapodik sedangkan pada lokasi penelitian 2 (SMAN Angkasa 1 Jakarta) aplikasi yang digunakan tidak terhubung langsung dengan Dapodik.
Kata kunci: Pembelajaran Sejarah, Kurikulum 2013, Sekolah Menengah Atas
TM00002535 | TM 2535 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain