Text
Pengaruh teknik membaca dan berpikir kritis terhadap keterampilan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia : studi eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Palimanan Barat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik membaca dan berpikir kritis terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2 dengan 40 sampel. Data menggunakan analysis variance dan dilanjutkan dengan uji Tukey dan Least Square Differences (LSD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan membaca pemahaman siswa yang belajar dengan menggunakan teknik membaca Directed Reading Thinking Activity (DRTA) lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan teknik membaca Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R), (2) tidak terdapat pengaruh interaksi antara teknik membaca dan berpikir kritis terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa, (3) untuk kelompok siswa yang berpikir kritis tinggi dan menggunakan teknik membaca Directed Reading Thinking Activity (DRTA) lebih tinggi dari siswa yang menggunakan teknik membaca Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R), (4) untuk kelompok siswa yang berpikir kritis rendah dan menggunakan teknik membaca Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) tidak lebih tinggi dari siswa yang menggunakan teknik membaca Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Uji coba selanjutnya diharapkan untuk menemukan teknik membaca yang tepat untuk siswa yang berpikir kritis rendah pada keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru dalam proses pembelajaran menulis narasi menggunakan teknik membaca Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada siswa yang memiliki berpikir kritis tinggi. Kata kunci: teknik membaca, berpikir kritis, dan keterampilan membaca pemahaman.
This study aims to determine the effect of reading techhnique and critical thinking techniques on students' reading comprehension skills. The research method used is experimental method with treatment design by level 2 x 2 with 40 samples. Data using analysis variance and continued with Tukey and Least Square Differences (LSD) test. The results showed that: (1) reading comprehension skills of students learning using Directed Reading Thinking Activity (DRTA) reading technique were higher than students who learned by reading Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R), (2) there is no interaction effect between reading technique and critical thinking on students' reading comprehension skills, (3) for high critical thinking group students and using higher reading directed reading Thinking Activity (DRTA) technique than students using Preview reading technique , Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R), (4) for low critical thinking group students and use Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review (PQ4R) reading techniques no higher than students Using the reading technique of Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Further trials are expected to find appropriate reading techniques for students who think critically low on comprehension reading skills. Based on the results of the study is expected teachers in the process of learning narrative writing using the technique of reading Directed Reading Thinking Activity (DRTA) in students who have high critical thinking . Keywords: reading technique, critical thinking, and reading comprehension skills.
TM00002573 | TM 2573 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain