Text
Upaya meningkatkan hasil belajar pukulan forehand drive pada olahraga squash melalui variasi jarak tindakan pada siswa kelas VIII SMPN 99 Jakarta Timur
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melakukan gerakan forehand drive squash melalui variasi jarak tindakan dalam permainan squash.
Penelitian dilaksanakan di sekolah SMPN 99 Jakarta Timur, dalam rentang waktu dari bulan 1 Maret s/d 10 Juni 2014.
Penelitian ini menggunakan metode classroom action research. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen pedoman observasi dan analisis secara kuantitatif. Sampel yang dipilih menggunakan teknik porposive sampling yaitu sebagian dari siswa SMPN 99 Jakarta Timur dengan jumlah laki-laki 10 orang dan perempuan 10 orang. Penelitian ini menggunakan I siklus pembelajaran sebanyak 4 kali pertemuan tanpa berlanjut pada siklus berikutnya mengingat hasil belajar siswa dimasukan ke dalam tabel statistik penilaian acuan patokan yang dibakukan ke dalam derajat penguasaan nilai akhir.
Dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini adalah dengan metode variasi jarak tindakan pembelajaran permainan squash dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap gerakan teknik forehand drive squash, yang dinyatakan 100% benar dalam melakukan gerakan teknik dasar forehand drive squash. Nilai standar siswa keseluruhan 69 dan nilai tertinggi 79. Nilai rata-rata keseluruhannya adalah 74.3. dari hasil evaluasi yang diperoleh siswa terhadap penilaian tahap persiapan, tahap perkenaan, dan gerakan lanjutan (followstrugh).
The purpose of this study was to find out whether it can improve student learning outcomes in making forehand squash drives through variations in distance of action in the game of squash.
The study was conducted at the 99th school in East Jakarta SMPN, in the period from March 1 to June 10, 2014.
This study uses the classroom action research method. Data collection is done using quantitative observation and analysis guideline instruments. The sample chosen uses a porposive sampling technique, which is part of students of SMPN 99 East Jakarta with a number of 10 men and 10 women. This study uses the learning cycle I as many as 4 meetings without continuing in the next cycle considering the student learning outcomes are included in the benchmark benchmark assessment statistics table standardized into the degree of mastery of the final value.
It can be concluded that the results of this study are that the method of spacing variation in learning action on squash can improve student learning outcomes for the movement of the squash forehand drive technique, which is declared 100% correct in performing basic forehand squash drive techniques. The overall standard score of students is 69 and the highest value is 79. The overall average value is 74.3. from the results of evaluations obtained by students on the assessment of the preparation stage, the application stage, and the follow-up movement.
Bibliografi : lembar 79
SS00004213 | SK 4213 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain