Text
Upaya meningkatkan motivasi belajar melalui permainan kecil pada siswa kelas VIII-1 Santa Maria Fatima Jatinegara dalam pembelajaran pendidikan jasmani
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VIII-1 Santa Maria Fatima Jatinegara mengikuti pelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian ini dilakukan di SMP Santa Maria Fatima Jatinegara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif yang berjumlah 30 orang siswa, yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan . Pelaksanaan penelitian dilakukan tiga siklus.
Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan memberikan hasil sebagai berikut : 1) siswa masih belum antusias dengan pelajaran yang diberikan, contohnya, siswa masih malas-malasan untuk berlari, 2) sebagian siswa terlihat senang dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Jasmani, 3) siswa kurang sungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Jasmani.
Kegiatan siklus kedua yang direalisasiakan melalui tindakan memberikan hasil sebagai berikut : 1) siswa mulai semangat mengikuti permianan yang diberikan, 2) siswa mulai aktif dan terlibat dalam permainan yang diberikan, 3) siswa terlihat berusaha mengatasi kesulitan yang dialami dan berusaha mencapai tujuan, 4) sebagian besar siswa terlihat senang dan gembira dengan permainan yang diberikan, 5) motivasi siswa mengikuti pelajaran Pendidikan Jasmani meningkat.
Kegiatan di Siklus ketiga siswa semua tertangani dengan baik, diantaranya : 1) siswa begitu antusias ketika permainan diberikan, 2) siswa gembira dan sangat menikmati permainan yang diberikan oleh guru.
Hasil dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Jasmani. Observasi awal menghasilkan prosentase motivasi siswa sebesar 46.67%, kemudian dilakukan tindakan siklus pertama dengan hasil 70% siswa yang mengalami peningkatan dan pada siklus kedua dengan hasil sebesar 86.67% siswa yang mengalami peningkatan motivasinya. Kemudian dilakukan pada siklus ketiga mengalami peningkatan motivasi sebesar 100%.
Bibliografi: lembar 67
SS00005047 | SK 5047 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain