Text
Hubungan kreativitas mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah kerajinan pada Program Studi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta
OKKY APRILIANY ZEIN, Hubungan Kreativitas Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Kerajinan Pada Program Studi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Tata Rias, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga. Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (reliable) tentang seberapa jauh Hubungan Antara Kreativitas Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Kerajinan Pada Program Studi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan terhitung sejak bulan Februari 2014 sampai Juni 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Tata Rias IKK FT UNJ angkatan 2011 yang sudah mengikuti mata kuliah kerajinan. Sedangkan sampel yang diambil adalah sebanyak 35 mahasiswa S1 Tata Rias reguler IKK FT UNJ angkatan 2011 yang mengikuti mata kuliah penataan rambut dan rias fantasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total population sampling.
Untuk menjaring data variabel X (Kreativitas Mahasiswa), digunakan instrument berbentuk kuesioner dan Tes Kreativitas Figural (TKF), yang disebar kepada Mahasiswa S1 Tata Rias IKK FT UNJ, setelah itu dilakukan uji validitas isi melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan untuk variabel Y (H asil Belajar) digunakan data sekunder berupa data dari lembar format 06. Hasil reliabilitas variabel X (Kreativitas Mahasiswa) adalah rxy = 0,962.
Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 42,24 + 0,475 X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji liliefors dan diperoleh Lhitung = 0,098 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,150 maka Lhitung < Ltabel. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal.
Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (14,86) > Ftabel (4,15) ini membuktikan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji Kelinieran menghasilkan Fhitung (14,86) < Ftabel (2,26), ini berarti model regresi yang dipakai linier. Uji Koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0,557. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung = 3,86 sedangkan ttabel pada dk = (n-2) = (35 - 2) = 33 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,68, bearti thitung > ttabel.
Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy2 = (0,557)2 = 0,3106. Ini menunjukkan bahwa 31,06% variansi Kreativitas berpengaruh oleh Hasil Belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kreativitas mahasiswa dengan hasil belajar mata kuliah kerajinan.
OKKY APRILIANY ZEIN, Creativity Relations Student Learning Outcomes Of Craft Courses In Health Beauty Program, State University of Jakarta. Thesis, Jakarta. Health Beauty Studies Program, Department of Home Economies. Faculty of Engineering, State University of Jakarta, 2014.
This research is purpose to get valid and reliable data and fact about how far relations between student creativity against learning outcomes craft courses in Health Beauty Studies Program course at Jakarta State University.
This research carried out for 5 months, starting from 2014 February until 2014 Juni. Research method be use is survey correlation approach method. This research population is IKK FT UNJ undergraduate student Health Beauty Studies Program generation 2011 who have attended craft courses. Where as taken sample is 35 student undergraduate Health Beauty Studies Program who have attended craft course and craft fantasy. Sample taking techniques is Total Population Sampling.
To capture data variable X (creativity student), be use questionnaire shape and figural creativity test, which spread to IKK FT UNJ undergraduate student make up education, after that carried out validation test through validation process that is calculation of the correlation coefficient score points with a total score and reliability testing with Alpha Cronbach formula. Where as for variable Y (learning outcomes) use second data in the form of 06 sheet format. reability result of variable X (student creativity) is rxy = 0,962.
Test analysis requirements conducted by finding regression equation is obtained Y= 42,24 + 0,475 X. Furthermore normality test error is estimated using a regression over X Liliefors test and obtained Lhitung = 0,098 compared with the significant level of 0.05 0.150 then Lhitung < Ltabel. This means that the estimated error Y over X is normally distributed.
Test the significance of regression of F (14.86) > F (4.15) This proves that the mean regression. While the yield of F Linearity test (14.86) < Ftable (2.26), this means that used a linear regression model. Test the product moment correlation coefficient rxy produce as big as 0,557. Then proceed with tests of significance using t-test coefficients. The results obtained arethitung = 3,86whereasttabel at dk = (n-2) = (35 - 2) = 33 and a significance level of 0.05 is 1.68, means thitung > ttabel.
The calculation of the coefficient of determination produce rxy = (0.557) 2 = 0.3106. It shows that 31.06% of variance determined by the learning achievement of Independence Learning. The conclusion of this study is that there is a positive relationship between student creativity with craft course learning outcomes.
SS00004054 | SK 4054 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2014.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain