Text
Pembangunan pendidikan dalam perspektif J Drost
ABSTRAK
Rizky Pujianto, Pembangunan Pendidikan Dalam Perspektif J Drost. Skripsi. Jakarta. Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Jakarta 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemikiran Drost tentang pendidikan, selain itu dalam penelitian ini juga turut menganalisis dinamika pemikiran Drost tentang pendidikan dalam konteks sosial dan politik nasional yang senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Sebagai seorang pendidik sekaligus pengajar Drost ingin mengembalikan nilai-nilai pendidikan kepada tujuan utamanya yang meliputi keluarga, masyarakat dan orang tua, kemudian me-redefinisi hakikat sekolah sebagai lembaga pengajaran dan pendidikan yang beliau aktualisasikan dalam setiap mengepalai beberapa sekolah Katolik terutama sekolah kolese Kanisius dan Kolese Gonzaga sebagai representasi nilai-nilai kependidikan beliau. Selain itu penulis menggunakan penelitian pustaka (library research) yaitu mengambil dan mengkaji konsep-konsep yang relevan dengan permasalahan yang dibahas berupa tinjauan penelitian atau ringkasan kepustakaan tentang penelitian ini. Selain itu dalam menganalisis, penilitian ini menggunakan metode penafsiran teks beserta realitas sosial si pemikir untuk menghasilkan makna filosofis mau pun praktis dari gagasan pendidikan J Drost. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat ditarik gambaran bahwa konsep kependidikan Drost berangkat dari pemahamannya tentang kekuatan individu peserta didik sebagai nilai-nilai kependidikan dan nilai individualitas sebagai konsep kemajuan bagi siswa/i berdasarkan peran intelektual masing-masing individu beserta pengalaman sosial individu dalam merefleksikannya. Pendekatan personal approach menjadi bagian penting dalam perspektif sosiologi pendidikan menurut Drost. Nilai progresif dalam pendidikan dapat diukur melalui kekuatan individu yang juga merupakan akar filsafat progresivisme John Dewey. Selain itu bangunan nilai kependidikan Drost mengarah pada nilai pragmatis dan progresif dengan mengandaikan kekuatan nilai-nilai keintelektualan dalam proses belajar. Simpulan penelitian ini bahwa dalam menjamin mutu pendidikan kekuatan utamanya tertuju pada kemampuan peserta didik, selain itu “kebebasan” merupakan kunci dari pemikiran J Drost memaknai sistem persekolahan dalam meningkatkan mutu sekolah.
Katak Kunci: J Drost, Nilai-Nilai Pendidikan, Pendidikan Humanis
SS00014755 | SK 14755 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain