Text
Pengaruh sikap belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 72 Jakarta : (studi kasus siswa Kelas X IPS dan Bahasa tahun ajaran 2013-2014)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar berdasarkan data dan fakta yang fasih, benar dan dapat dipercaya.
Penelitian ini dilakukan selama satu bulan terhitung sejak bulan Juni 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan regresi sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 72 Jakarta, Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 241 siswa. Adapun populasi terjangkau penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS dan seluruh siswa kelas X Bahasa Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 132.
Persamaan regresi sederhana yang diperoleh adalah Ŷ = 52,39 + 0.055X. Uji persyaratan analisis untuk menguji normalitas galat taksiran regresi Y atas X menunjukan bahwa galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Dalam uji hipotesis, uji keberartian, dan kelinieran menyatakan regresi berarti dan linier. Hasil uji koefisien regresi diperoleh Fhitung sebesar 10,61 dan untuk Ftabel dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut 93 pada taraf kesalahan 5 % diperoleh angka sebesar 4,00. dikarenakan Fhitung > Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi berarti. Hasil uji linieritas diperoleh dengan menggunakan tabel ANAVA dengan dk pembilang 27 dan dk penyebut 66 pada taraf kesalahan 5% diperoleh nilai Fh sebesar 0,87 dan Ft sebesar 1,70. Dengan nilai Fh < Ft maka persamaan regresi (Ŷ= 52,39 + 0,055X) berbentuk linier Perhitungan koefisien determinasi menunjukan 10,24% variasi variabel Y ditentukan oleh variabel X.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif antara Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 72 Jakarta (Studi Kasus Siswa Kelas X IPS dan Bahasa Tahun Ajaran 2013-2014).
Kata Kunci : Sikap Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi.
This study aimed to determine the effect of learning attitude towards learning outcomes based on data and facts are eloquent, true and trustworthy.
This research was conducted for one month starting from the month of June 2014. The method used is a survey method with simple regression approach. The population of this research is all class X in SMAN 72 Jakarta, Academic Year 2013/2014, amounting to 241 students. The population of this study is affordable whole class X Social Science and the whole class X Language School Year 2013/2014, amounting to 132
Simple regression equation obtained was Y = 52,39 + 0.055X. Test requirements analysis to test the normality of the error estimates of regression Y on X shows that the error estimates of regression Y on X is normally distributed. In hypothesis testing, significance testing, and linearity expressed means and linear regression. The test results obtained by the regression coefficient of 10,61 and Farithmatic to Ftable with dk numerator 1 and dk denominator 93 at level 5% error rate of 4.00 is obtained. because Farithmatic > F table, it can be concluded that the mean regression equation. Linearity test results obtained using ANOVA tables with dk numerator 27 and dk denominator 66 at 5% error level obtained Fh values of 0.87 and 1,70 at Ft. With the value of Fh < Ft the regression equation (y = 52,39 + 0.055 X) Calculation of linear coefficients of determination showed 10,24% variation of the variable Y is determined by the variable X.
The conclusion of this research is that there is a positive effect between Effect Of Student Learning Attitude Towards Learning Outsomes In Subject Economic In The State Senior High 72 Jakarta (Case Study Class X Social Science And Linguistic Academic Year 2013-2014)
Keyword : Attitude Leraning, Learning Outcomes, Subject Economy.
SS00002637 | SK 2637 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain