Text
Efektivitas penggunaan cooperative learning teknik make match terhadap hasil belajar huruf hiragana : penelitian eksperimen di kelas XI Akuntansi SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta tahun akademik 2016/2017
ABSTRAK
Agung Permana. 2017. Efektivitas Penggunaan Cooperative Learning Teknik Make a Match Terhadap Hasil Belajar Huruf Hiragana (Penelitian Eksperimen Kuasi di Kelas XI Akuntansi I SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta Tahun akademik 2016/2017). Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Salah satu kesulitan yang dihadapi orang asing ketika belajar bahasa Jepang diantaranya karena adanya perbedaan antara bahasa ibu mereka dengan bahasa Jepang dan aspek yang paling mencolok dalam bahasa Jepang dengan bahasa ibu mereka adalah pada ucapan dan huruf pada bahasa Jepang. Maka, aspek pembelajaran huruf merupakan hal yang perlu dilatih dan dipelajari, meskipun termasuk aspek yang sulit dalam mempelajari bahasa Jepang. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran untuk menunjang pembelajaran huruf dalam bahasa Jepang. Salah satunya dengan model Cooperative Learning teknik Make a Match yang dirasa cocok untuk pembelajaran huruf dalam bahasa Jepang. Karena model pembelajaran ini mempunyai kelebihan untuk meningkatkan keterampilan, dan membuat siswa menjadi lebih aktif. Sehingga dapat melatih siswa untuk mudah memahami atau mengingat pembelajaran dan akan berdampak pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Cooperative Learning teknik make a match terhadap peningkatan hasil belajar pada pembelajaran huruf hiragana, untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan Cooperative Learning teknik make a match terhadap pembelajaran huruf hiragana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen One-Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini adalah SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta.Dengan sampelnya adalah siswa kelas XI Akuntansi I yang berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa pilihan ganda dan tes tertulis berupa angket. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning teknik Make a Match dalam pembelajaran huruf hiragana di SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest sebesar 28,55 nilai ratarata posttest sebesar 80,27, sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 51,72. Hasil penelitian berdasarkan pada taraf signifikansi 5 % pada pada derajat kebebasan (db) = 58 maka didapatkan ttabel sebesar2.00. Dengan hasil thitung 18,08 berarti thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung > ttabel) sehingga HK diterima dan HO ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa Cooperative Learning teknik Make a Match efektif dalam peningkatan hasil belajar pada pembelajaran huruf hiragana bahasa Jepang.
Kata kunci : Penggunaan Cooperative Learning Teknik Make a Match, Terhadap Hasil Belajar Huruf Hiragana.
SS00014149 | SK 14149 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain