Text
Peningkatan keterampilan belajar membuat seserahan melalui metode Drill di PKBM Larasantang Cirebon
PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR MEMBUAT SESERAHAN MELALUI METODE DRILL DI PKBM LARASANTANG CIREBON
(2017) Akram Nurfajri
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan belajar peserta didik di PKBM Larasantang Cirebon dengan menggunakan metode drill. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan rubric kterampilan belajar serta pre-test dan post-test pada setiap siklus. Data yang diperoleh pada saat pelaksanaan tindakan nantinya akan dibandingkan untuk mengetahui tingkat keterampilan belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran membuat seserahan dengan penggunaan metode drill atau belaja mandiri. Tindakan awal dilakukan dengan memberikan pre-test kepada peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan awal peserta didik, penilaian keterampilan belajar dilakukan pada setiap pertemuan untuk mengidentifikasi kerapihan peserta didik dalam membuat modifikasi serta post-test dilakukan pada setiap akhir siklus guna mengetahui peningkatan keterampilan serta hasil belajar siswa, hasil dari penelitian tindakan menunjukkan peningkatan dalam keterampilan belajar siswa pada setiap akhir siklus.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan belajar siswa meningkat danpenggunaan metode drill dalam kegiatan pembelajaran membuat seserahan di PBKM Larasantang Cirebon sudah sangat baik.
Kata kunci: Peningkatan Keterampilan Belajar, Seserahan, Metode Drill, PKBM Larasantang Cirebon
SS00014650 | SK 14650 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain