Text
Efektivitas media kartu soal dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang : penelitian eksperimen di kelas X IIS 2 SMA Yake tahun akademik 2016-2017
ABSTRAK
Diajeng Ayu Ristanti. Efektivitas Media Kartu Soal dalam Pembelajaran Pola Kalimat Bahasa Jepang (Penelitian Eksperimen di kelas X IIS 2 SMA Yake Tahun Ajaran 2016/2017) Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Juli. 2017.
Kurangnya pemahaman siswa kelas dalam mempelajari pola kalimat bahasa Jepang berdampak pada tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian awal, pada angket dinyatakan 75% siswa di kelas X IIS 2 tidak dapat membuat kalimat bahasa Jepang sesuai pola yang benar. Ada banyak faktor yang menyebabkan siswa mengalami hambatan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dale mengatakan hanya dengan indera penglihatan, 75% dapat dicapai oleh siswa, 13% melalui indera pendengar dan 12% dengan indera lainnya. (Azhar, 2014:10), Pembelajaran yang tidak bervariasi juga dapat memicu terjadinya hambatan siswa dalam belajar. Menurut Hamalik, penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat dan motivasi anak dalam mencapai tujuan pembelajaran. (Azhar, 2011:26).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi atas permasalahan siswa dalam mempelajari pola kalimat bahasa Jepang serta mengetahui efektivitas dari media kartu soal. Manfaat dari penelitian ini adalah menambah ragam media pembelajaran yang berkualitas dan mempermudah siswa untuk belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Yake dengan sampel kelas X IIS 2 SMA Yake tahun ajaran 2016/2017. Intsrumen penelitian yang digunakan menggunakan tes penelitian awal, pretest, posttest dan kuesioner.
Berdasarkan hasil data yang telah dianalisis, terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest sebesar 26,125 dan posttest sebesar 91,625 sehingga memiliki perbedaan sebesar 65,50. Dengan db sebesar 30 pada taraf signifikansi 5% maka memiliki t tabel sebesar 2,042 dengan t hitung sebesar 16, 261. Karena t-hitung>t-tabel maka media kartu soal dinyatakan terbukti efektif dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang di kelas X IIS 2.
Kata kunci : Media Kartu, Kartu Soal, Pola Kalimat, Bahasa Jepang.
iv
SS00015190 | SK 15190 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain