Text
Pengaruh metode group investigation terhadap pembelajaran menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tambun Utara
ABSTRAK
ALFIAN CHAIRUDIN. 2017. Pengaruh Metode Group Investigation terhadap Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tambun Utara. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh metode Group Investigation terhadap pembelajaran menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tambun Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada Oktober-November di kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pretest dan posttest dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji Fisher digunakan untuk uji homogenitas. Dari hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung sebesar 1,35 dan Ftabel sebesar 4,38 berdistribusi dk = 19 pada taraf signifikansi (α = 0,05). Dari hasil tersebut diperoleh bahwa Fhitung ≤ Ftabel; dengan demikian populasi memiliki varians yang homogen. Berdasarkan uji normalitas menggunakan uji Liliefors, pada kelompok eksperimen diperoleh nilai standar deviasi 4,92 dengan jumlah sampel 20. Dengan hasil pengujian Lilifors pada taraf signifikan
SS00015381 | SK 15381 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain