Text
Pengembangan media permainan ular tangga dalam mata kuliah Imla Materi Hamzah pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Adjeng Ekinanty, Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Mata Kuliah Imla’ Materi Hamzah pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Agustus
Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan Ular Tangga Hamzah sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa tingkat I Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta; mengetahui kelayakan media pembelajaran Ular Tangga Hamzah berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media; dan mengetahui penilaian mahasiswa Program Studi Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta terhadap media pembelajaran Ular Tangga Hamzah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, Ular Tangga Hamzah dinilai kelayakannya oleh ahli materi (Ustadz Ahmad Barnabas, M.Pd dan Ustadzah Siti Jubaidah, MA) dan seorang ahli media (Ustadz Drs. Chakam Failasuf, M.Pd), dan siswa uji coba lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan empat tahap dalam pembuatan Ular Tangga Hamzah: ) Analisis (Analysis), ) Desain (Design) ) Pengembangan (Development), dan ) Implementasi (Implementation). Tingkat kelayakan Ular Tangga Hamzah sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: ) Ahli Materi diperoleh rerata presentasi skor yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, ) Ahli Media diperoleh rerata presentase skor yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Penilaian kelayakan media oleh mahasiswa uji coba lapangan diperoleh rerata presentase skor yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, Ular Tangga Hamzah ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
SS00015663 | SK 15663 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain