Text
Pengaruh metode storytelling terhadap kemampuan berbicara siswa Madrasah Negeri 15 Jakarta
Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTs.N) Jakarta. pada semester II Tahun Ajaran , yang di mulai dari bulan Maret hingga Juni dengan tujuan guna mengetahui pengaruh mengenai “Storytelling (MTs.N) Jakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTs.N) Jakarta, dan sampelnya adalah siswa kelas VIII sejumlah siswa terdiri dari siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara “Purposive Sampling”, yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes lisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi =
Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang Homogen karena hitung ( < tabel Uji Normalitas yang memiliki data berdistribusi normal dengan hasil Lhitung < Ltabel
Setelah dilakukan tes maka nilai t-hitung yang diperoleh dari adalah sedangkan nilai t-tabel adalah untuk derajat kebebasan (dk= ). Karena
ل
t-hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga t-tabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H) tidak diterima.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pengaruh yang signifikan dalam penguasaan kemahiran berbicara yang menggunakan metode “Storytelling”. Siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa arab khususnya pelajaran pembelajaran kemahiran berbicara, dan mereka lebih mudah menerimanya, karena “Metode Storytelling” mengajak siswa untuk lebih aktif, fokus dan imajinatif dalam belajar, serta dapat mengkaitkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar dan mempraktekannya dalam keseharian mereka. Untuk itu guru sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar khususnya “Metode Storytelling” dalam pelajaran bahasa arab.
م
The method used in this research is experimental method. With the study population are students of State Madrasah Tsnawiyah (MTs.N) 15 Jakarta, and the sample is a class VIII students of 60 students consisting of 30 students as a control class and 30 students of experimental class. Sampling technique is done by "Purposive Sampling", that is intentional sampling technique in accordance with requirement of sample which needed. The instrument used is a final test in the form of an oral test. Data analysis technique used is descriptive statistic and hypothesis test used is t-test at significance level = 0,05
The t-test results were obtained after the Normality Test and Homogeneity Test. Homogeneity test with the clustering results Y and X have Homogeneous variance because x2 count (18,698
SS00015691 | SK 15691 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain