Text
Pengaruh motivasi belajar dan tingkat intelegensi terhadap hasil belajar peserta didik SMA pada materi hereditas
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN TINGKAT INTELEGENSI
TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA
PADA MATERI HEREDITAS
THE EFFECT OF LEARNING MOTIVATION AND INTELLIGENCE QUOTIENT ON HIGH SCHOOL STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES
OF HEREDITY TOPIC
ABSTRAK
Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik setelah menerima pengalaman belajar. Kemampuan ini bukan sesuatu yang berdiri sendiri, namun merupakan hasil pengaruh dari berbagai faktor diantaranya adalah motivasi belajar, minat, bakat, tingkat intelegensi, kondisi fisik peserta didik, metode pembelajaran, dan pengaruh lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan tingkat intelegensi terhadap hasil belajar peserta didik SMA pada materi Hereditas. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas XII di SMA IT Thariq Bin Ziyad pada semester 1 dan semester 2 tahun pembelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah Ex Post Facto dengan desain faktorial 2 x 3. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner untuk motivasi belajar, instrumen tes untuk hasil belajar pada materi Hereditas, dan pengambilan data sekunder untuk nilai tingkat intelegensi. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua arah pada α = 0,05. Seluruh kelompok memiliki data yang berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar secara signifikan mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada materi Hereditas, (2) tingkat intelegensi secara signifikan mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada materi Hereditas, dan (3) tidak ada interaksi antara motivasi belajar dengan tingkat intelegensi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Hereditas, dalam hal ini hasil belajar pada materi Hereditas dipengaruhi oleh faktor tunggal yaitu motivasi belajar atau tingkat intelegensi peserta didik.
Kata Kunci: motivasi belajar, tingkat intelegensi, hasil belajar, materi hereditas
TM00005052 | TM 5052 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain