Text
Model pembelajaran berbasis masalah dalam materi pembelajaran sosial bermuatan nilai-nilai multikultural : studi di Sekolah Menengah Atas Negeri 77 Jakarta kelas XI IIS 3 tahun ajaran 2016-2017
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana integrasi nilai-nilai multikultural dijelaskan dalam materi pembelajaran sosiologi. Selain itu, tujuan dari penelitian ini juga untuk menjelaskan model pembelajaran sosiologi berbasis masalah yang mendukung pendidikan multikultural dalam kegiatan pembelajaran sosiologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah staf kurikulum, enam murid kelas XI IIS 3 Tahun Ajaran 2016/2017, kemudian informan kunci dalam penelitian ini ialah Ibu Dra Hj Irma Herkamiati selaku guru mata pelajaran sosiologi di SMAN 77 Jakarta. Waktu penelitian ini dilakukan pada Februari sampai Mei 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi pustaka. Penulis menggunakan beberapa konsep seperti konsep peran, pembelajaran sosiologi, model pembelajaran, pendidikan multikultural dan pendekatan struktural fungsional dalam menganalisis peran pembelajaran sosiologi dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan multikultural di sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat dan dapat mendukung sosialisasi nilai-nilai pendidikan multikultural di kelas, karena membantu peserta didik melihat realitas yang terjadi di masyarakat dan dapat mendorong peserta didik mengembangkan kemampuannya untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan suatu masalah. Implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural di sekolah melalui pembelajaran sosiologi dapat di lihat dari adanya integrasi nilai-nilai multikultural pada materi pembelajaran dan dimensi pendidikan multikultural dalam proses kegiatan pembelajaran. Kata kunci : pembelajaran sosiologi, model pembelajaran berbasis masalah, pendidikan multikultural
This study aims to describe how the integration of multicultural values is described in sociology learning materials. In addition, the purpose of this study is also to explain the problem-based sociology learning model that supports multicultural education in sociology learning activities. This research uses descriptive qualitative approach. Subjects in this study were curriculum staff, six students of class XI IIS 3 academic year 2016/2017, then the key informant in this research is Mrs. Dra Hj Irma Herkamiati as teacher of sociology subject at SMAN 77 Jakarta. The time of this research is done in February until May 2017. The data collection technique used is observation, interview and literature study. The author uses several concepts such as role concepts, sociology learning, learning models, multicultural education and functional structural approaches in analyzing the role of sociology learning in applying the values of multicultural education in schools. The results of this study indicate that the problem-based learning model is one of the appropriate learning models and can support the socialization of the values of multicultural education in the classroom, because it helps learners see the reality that occurs in society and can encourage learners develop their ability to think critically in solve a problem. Implementation of the values of multicultural education in schools through sociology learning can be seen from the integration of multicultural values on learning materials and dimensions of multicultural education in the process of learning activities. Keywords: sociology learning, problem based learning model, multicultural education
SS00015995 | SK 15995 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain