Text
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis alam untuk membentuk karakter religiuas di Sekolah Alam Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis alam untuk membentuk karakter religius di Sekolah Alam Tangerang dengan rincian sebagai berikut: 1) mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan pembelajaran PAI berbasis alam untuk membentuk karakter religius, dan 2) mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis alam untuk membentuk karakter religius. Metode penelitian dalam Skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif guna memahami masalah penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data dianalisis dengan cara kualitatif menggunakan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dalam pembelajaran PAI berbasis alam terdapat perencanaan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Semester Plan, Rencana Kegiatan Harian (RKH) dan Spider Web. Selain itu perencanaan pembelajaran PAI berbasis alam di Sekolah Alam Tangerang terdiri dari: 1). Tujuan, yaitu agar peserta didik mengenal, memahami dan mencintai alam sehingga menumbuhkan rasa kekaguman dan keharuan terhadap Maha Pencipta Alam, hal tersebut akan menguatkan ketauhidan, menambah keimanan dan ketundukan kepada Allah serta membentuk karakter religius. 2). Kurikulum khusus yang terdiri dari dienul Islam dan peduli lingkungan. 3). Kompetensi yang terdiri dari akidah yang benar (beriman kepada Allah), hafal juz 30 Al-Qur’an, membaca Qur’an dengan baik dan benar, disiplin serta mandiri dalam melakukan ibadah harian dengan benar, dan menjaga lingkungan (alam). Sehingga dapat dikatakan bahwa perencanaan pembelajaran PAI berbasis alam sudah baik dan sesuai dengan perencanaan pembelajaran PAI di sekolah formal pada umumnya hanya saja terdapat tambahan dalam perencanaan pembelajaran PAI berbasis alam. Hasil penelitian dalam pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis alam menunjukan bahwa guru sering menggunakan metode kisah. Sumber pembelajaran yaitu: Qur’an dan Hadits, Juz amma, Iqro, buku cetak PAI standar MI dan SD, buku siroh nabawi, buku cerita bergambar dan alam. Media pembelajaran berupa: proyektor, laptop, video pembelajaran, CD/kaset, dan alam. Dalam pembelajaran PAI berbasis alam karakter religius di Sekolah Alam dibentuk melalui: 1). Materi dan proses pembelajaran, 2). Kegiatan keagamaan, dan faktor pendukung berupa keteladanan guru, dan pembiasaan.. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Alam, Karakter Religius
This study aims to describe and analyze how the learning of Islamic Religious Education (PAI) Based Nature for Shaping Religious Character at School of Nature Tangerang, with the following details: 1) describe and analyze the learning plan PAI based of nature for shaping a religious character, and 2) describe and analyze the learning process of Islamic religious education based nature for shaping a religious character. Research method in this thesis used qualitative descriptive method to understand the research problem. The data collection techniques are: observation, interview, documentation. While data analysis is analyzed by qualitative method using three activity flow that is data reduction, data presentation and data verification / withdrawal of conclusion. The result of the research explains that in the learning of PAI based nature there are planning in the form of Learning Implementation Plan (RPP), Syllabus, Semester Plan, Daily Action Plan (RKH) and Spider Web. In addition, planning of learning PAI based nature at School of Nature Tangerang consists of: 1). The goal, that is for learners to know, understand and love nature so as to cultivate a sense of admiration and freshness towards the Creator of Nature, it will strengthen tawheed, increase faith and submission to God and form a religious character. 2). A special curriculum consisting of dienul Islamic and care of environmentally. 3). Competencies consisting of true faith (belief in God), memorizing juz 30 Al-Qur’an, reciting the Qur'an well and correctly, discipline and independently in daily worship properly, and preserving the environment (nature). So it can be said that planing of learning Islamic Religious Education (PAI) based of nature is good and accordance with the planning of learning PAI in formal schools in general there is just extra in the planning of learning PAI based nature. The results of research in the implementation learning of Islamic Religion Education (PAI) based of nature shows that teachers often use the story method. The learning resources are: Qur'an and Hadith, Juz amma, Iqro, standard PAI print book for MI and SD, siroh nabawi book, picture book and nature. Learning media in the form of: projector, laptop, video learning, CD / cassette, and nature. In learning of Islamic religius education (PAI) based of nature, religious characters in the School of Nature are formed through: 1). Materials and learning process, 2). Religious activities, and supporting factors in the form exemplary of teacher, and habituation. Keywords: Learning of Islamic Religious Education, Nature, Religious Character
SS00015989 | SK 15989 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain