Text
Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan siswa di sekolah : studi korelasi pada kelas XI di SMAN 7 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Sampel yang digunakan sebesar 30% dari 188 siswa, dengan jumlah 57 siswa. Instrumen yang digunakan adalah insrumen angket dengan mengunakan skala likert.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah terdapatnya pengaruh antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kedisiplinan Siswa. Hal tersebut diperoleh dari hasil perhitungan Koefisien Korelasi Product Moment antara Kepemipinan Kepala Sekolah dengan Kedisiplinan Siswa, yang ditujukan nilai thitung 5,76 lebih besar dari ttabel(á) = 0,05 dan dk (n-2) = 55 sebesar 1,67. Pola hubungan antara kedua variabel ini dinyatakan oleh persamaan regresi Ŷ = 47,81 + 0,532X. Persamaan satu tingkat Kepemimpinan Kepala Sekolah akan dapat mengakibatkan terjadinya Kedisiplinan Siswa 0,532 pada konstanta 47,81.
Hasil analisis korelasi sederhana antara Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa diperoleh nilai koefieien korelasi rxy sebesar 0,613. Hal ini terbukti pada taraf signifikansi (α) = 0,05 dan (n-2) = 55 diperoleh ttabel sebesar 1,67, dengan demikian dapat dikatakan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (5,76>1,67). Untuk mengetahui seberapa besar variasi variabel Y yang ditentukan oleh variabel X, dilakukan uji koefisien determinasi dari hasil perhitungan rxy2 = 0,3763 x 100% dari proses perhitungan diperoleh koefisien determinasi 37,63%. Ini menunjukkan bahwa variasi variabel Y ditentukan oleh variabel X sebesar 37,63%. Kata kunci: Kelas XI SMA Negeri 7 Jakarta, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kedisiplinan Siswa.
This study aims to determine whether there is influences of Principal Leadership to Discipline Students. This study appliked survey methods with correlational approach. The sample used 30% of 188 students, that are 57 students. The instrument used is a questionnaire survey using the likert scale. The results of this research is that there’s influences of Leadership Principal to Student Discipline. It is obtained from the calculation of Product Moment Correlation Coefficient between Principal Principle with Student Discipline, which is aimed at tcount 5.76 bigger than t_table (á) = 0,05 and dk (n2) = 55 equal to 1.67. The relationship pattern between these two variables is expressed by regression equation Ŷ = 47,81 + 0,532X. Equation of one level Leadership Principal will be able to result in Student Discipline 0,532 at constant 47,81. Result of simple correlation analysis between Principal Leadership to Student Discipline obtained value of correlation coefficient rxy equal to 0,613. This is evident at the level of significance (α) = 0.05 and (n-2) = 55 obtained t_table of 1.67, thus it can be said that t_count is greater than t_table (5.76> 1.67). To find out how big variation of variable Y is determined by variable X, tested coefficient of determination from result of calculation rxy2 = 0,3763 x 100% from calculation process obtained coefficient determination 37,63%. This shows that variation of variable Y is determined by variable X equal to 37,63%. Keywords: Class XI SMA Negeri 7 Jakarta, Principal Leadership, Student Discipline.
SS00015834 | SK 15834 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain