Text
Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa pendidikan tata busana
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa pendidikan tata busana angkatan 2013 – 2015. Jenis metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dianalisis adalah faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa, serta data nilai mata kuiliah khusus bidang busana. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan tata busana angkatan 2013 – 2015 sejumlah 124 mahasiswa, diambil dengan metode proportional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan semua faktor mendapatkan nilai >50% dengan faktor media massa sebagai faktor dominan dengan persentase sebesar 88.22%. Kata Kunci: Faktor internal, faktor eksternal, prestasi belajar.
This study aims to determine the factors that affect the learning achievement of students of fashion education class of 2013 - 2015.
The type of research method is descriptive quantitative. The data analyzed are internal and external factors that affect the learning achievement, as well as the data value of special courses in the field of clothing. The sample in this research are the student of fashion education class of 2013 – 2015, 124 students, taken with proportional sampling technique. The results showed that all factors showed percentage> 50% with mass media factor as the dominant factor with percentage of 88.22%. Keywords: Internal factor, external factor, learning achievement.
SS00016039 | SK 16039 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain