Text
Pengembangan media pembelajaran E-learning menggunakan personal home page dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk materi fluida dinamis kelas XI SMA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning berbasis website menggunakan Personal Home Page dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk materi fluida dinamis kelas 11 Sekolah Menengah Atas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada Model lima tahap ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Website dilengkapi dengan materi berupa video berbasis masalah yang ada di kehidupan sehari-hari peserta didik, simulasi dengan panduan lembar kerja, dan kuis untuk menguji pemahaman peserta didik. Penilaian yang diberikan oleh ahli materi fisika untuk pengembangan e-learning adalah 94,76% dengan kategori sangat baik, dan ahli media adalah 90,52% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba produk di lapangan kepada siswa memberikan nilai sebesar 84,65% yang menunjukkan sangat baik, dan kepada guru memberikan nilai sebesar 88,68%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, website yang dikembangkan menghasilkan pemahaman siswa dalam menghubungkan pemahaman teori fluida dinamis dengan kehidupan sehari-hari mereka.
The purpose of this research is to develop e-learning media based on Personal Home Page website with problem-based learning. The website was created for student 11 high school students with dynamkc fluids as a topic. The research method used research and development method with a five-step model of ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The website comes with video-based material issues that exist in the daily life of learners, simulations with workbook guides, and quizzes to test learners' understanding. Assessment given by physics expert for the development of e-learning is 94,76% with very good category and 90,52% with very good category from media expert. The results of product trial in the field gave the value of 84.65% which indicated very good from the students and 88.68% from the teacher. Based on the research that has been done, the developed website generates students' understanding in connecting dynamic fluids theory with their daily life.
SS00016129 | SK 16129 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain