Text
Pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah : studi kasus siswa kelas VII SMPN 98 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk pembelajaraan IPS dalam Pendidikan Karakter siswa, yang membahas mengenai bagaimana pembelajaraan IPS di sekolah dan nilai karakter apa yang terbentuk dalam pembelajaraan IPS. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 98 Jakarta di Jalan raya Depok, Lenteng agung Jagakarsa,Jakarta Selatan. Selama 3 bulan dari bulan Februari 2015 sampai dengan bulan mei 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitaitf, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan, dan analisis Rencana Pelaksanaa Pembelajaraan (RPP). Sumber data yang digunakan dari penelitian ini yaitu wawancara yang berasal dari iinforman kunci dan informan inti.informan kunci yaitu kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru bimbingan konseling. Informan inti yaitu murid kelas VII-F, guru IPS dikelas VII-F dan wali kelas. Hasil penelitian pembelajaraan IPS dalam membentuk Karakter siswa, menyimpulkan bahwa bagaimana pelaksanaan pembelajaraan disekolah yang menyatu dalam karakter peserta didik dan juga nilai-nilai karakter yang muncul dalam proses pembelajaran IPS. ternyata karakter juga terbentuk dalam setiap pembelajaraan dan dalam proses pembelajaraan IPS karakter sosial sangat ditekankan baik dalam pelajaraan didalam kelas maupun sikap yang diajarkan oleh guru didalam kelas dan juga praktek dalam penugasaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan guru IPS di sekolah SMP Negeri 98 Jakarta adalah guru yang dalam proses pembelajaranya menerapkan karakter baik dalam penyampaian meteri yang tersusun dari pembukaan yang syarat dengan motivasi dan kegitan inti yang dalam setiap pembahasaan mengandung nilai karakter tersendiri, dan penutup yang mengajarkan peserta didik untuk aktif serta berfikir dalam mengahadapi fenomena sosial yang ada dalam pelajaraan IPS.
This study aims to study IPS in Character Education students, which discusses how IPS learning in school and the value of what characters are formed in IPS learning.
This research was conducted at SMP Negeri 98 Jakarta in Depok Street, Lenteng agung Jagakarsa, South Jakarta. For 3 months from February 2015 to May 2015. The method used in this study is descriptive qualitative, with data collection techniques through interviews, observations, and analysis of the Implementation Plan of the Learning (RPP). Sources of data used from this study are interviews that come from key informants and key informants. Key informants are principals and vice principals in the field of student affairs, counseling teachers. The core informants are grade VII-F students, IPS teachers in class VIIF and homeroom teacher.
The result of IPS learning study in forming student character, concludes that how the implementation of learning in school united in the character of learners and also the character values that appear in the learning process of IPS. it turns out that characters are also formed in every learning and in the process of social studies IPS social character is emphasized both in in-class education and attitude that is taught by teachers in the classroom and also practice in the task.
The result of this research concludes that IPS teacher in school of SMP Negeri 98 Jakarta is a teacher who in the process of learning apply good character in delivering material which is composed of opening the condition with motivation and core activity which in each learning contains its own character value, and cover that teaches the learners to actively and think in facing social phenomenon that exist in IPS education.
SS00016104 | SK 16104 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain