Text
Pengembangan media pembelajaran berupa film pendek untuk meningkatkan hasil belajar materi sistem saraf peserta didik SMA
Salah satu masalah dalam pendidikan di Indonesia yaitu masih adanya miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik sekolah menengah atas (SMA). Miskonsepsi pada materi Sistem Saraf secara keseluruhan yaitu sebesar 25.47%. Pada sub materi mekanisme impuls saraf terdapat miskonsepsi sebesar 4.37% dengan persentase jumlah peserta didik yang tidak paham paling tinggi dibanding sub materi lain yaitu sebesar 8.26%. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Biologi berupa film pendek pada materi Sistem Saraf, khususnya materi mekanisme impuls saraf. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah metode Research and Development model pengembangan Borg dan Gall. Validasi dilakukan oleh 2 ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Analisis data menggunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan uji F digunakan untuk uji homogenitas. Uji efektivitas menggunakan uji t. Hasil menunjukan bahwa media pembelajaran hasil pengambangan berkategori baik sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran impuls saraf.
One of the problems in education in Indonesia is that there are still misconceptions experienced by high school (SMA) students. Misconception on the whole Nervous System material is 25.47%. In the sub material of nerve impulse mechanism misconception 4.37% with the percentage of students who did not understand the highest compared to other sub-material that is equal to 8.26%. This study aims to developed a biology learning media in the form of short films on the material of the Nervous System, especially the material of nerve impulse mechanism. The research method used in this media development was Research and Development method of Borg and Gall development model. Validation was done by 2 experts namely media experts and material experts. Data analysis used Kolmogorov Smirnov test for normality test and F test was used for homogeneity test. Test effectiveness using t test. The results show that the learning media of the mining results categorized well so it is worthy of being used as a medium of learning. Learning media was also effective for improving learning outcomes in nerve impulse learning.
SS00016139 | SK 16139 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain