Text
Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Malaka Sari 13, Duren Sawit, Jakarta Timur sebanyak 58 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen, dengan desain Posttest-only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument final berupa tes objektif. Hasil penelitian diuji normalitas dengan uji Lillefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukkan thitung = 3,243 dan ttabel = 1,684 dengan taraf signifikan α = 0,05. Hal ini berarti hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Oleh karena itu, model problem based learning hendaknya digunakan dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: Model problem based learning, hasil belajar matematika
SS00016186 | SK 16186 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain