Text
Strategi pembelajaran di kelas transisi TKLB pada siswa autis di SLB Pelita Hati Jakarta Timur : sebuah studi deskriptif kualitatif
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pembelajaran pada siswa autis di kelas transisi tklb di SLB Pelita Hati Jakarta Timur yang meliputi: 1) Perencanaan pembelajaran di kelas transisi tklb di SLB Pelita Hati Jakarta Timur, 2) Pelaksanaan pembelajaran di kelas transisi tklb di SLB Pelita Hati Jakarta Timur, 3) Evaluasi pembelajaran di kelas transisi tklb di SLB Pelita Hati Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, hasil wawancara guru dan kepala sekolah, dan hasil dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran di kelas transisi tklb sudah cukup berjalan dengan baik seperti pada perencanaan pembelajaran yang dibuat berdasarkan hasil asesmen siswa, pelaksanaan pembelajaran yang disamakan dengan pembelajaran di Tk umum, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan secara berkala. Kata Kunci: Kelas transisi, Autis, TKLB, Strategi Pembelajaran.
This study aims to identify and describe the strategies used in the classroom transitional class at SLB Pelita Hati East Jakarta, which includes: 1) Learning planning in transition class at SLB Pelita Hati East Jakarta, 2) Implementation of learning in transition class in SLB Pelita Hati East Jakarta, 3) Evaluation of learning in transition class tklb in SLB Pelita Hati East Jakarta. The method used in this research is descriptive qualitative. Data collection was done by observation technique, interview of teacher and principal, and the result of documentation. The data has been collected, then analyzed by data reduction, data presentation, and conclusion or verification. The results of this study indicate that the learning strategy in the learning plan that is based on student assessment results,the implementation of the learning equated with the learning in general TK, and the evaluation of the learning done periodically. Keyword: Transition class, Autis, TKLB Strategies of Learning
SS00016240 | SK 16240 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain